Studi Kelayakan Pengusaha Perorangan Pada Bidang Perikanan Laut Di Pondokdadap Sendang Biru Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur

Wardani, Nikken Kusuma (2018) Studi Kelayakan Pengusaha Perorangan Pada Bidang Perikanan Laut Di Pondokdadap Sendang Biru Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan penelitian mengenai analis kelayakan usaha ini sangat penting karena dapat mendukung dan membantu kegiatan usaha kapal perikanan dalam menentukan kelayakan usaha. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kelayakan investasi pengusaha perorangan di Pondokdadap Sendang Biru Kabupaten Malang dan memberikan informasi untuk menentukan apakah usaha tersebut akan tetap dilanjutkan dan dikembangkan atau ditutup, dengan memakai metode Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C) , Payback Period (PP). Pengusaha sebagai pemilik kapal memiliki investasi berupa investasi kapal dan investasi bangunan. Kapal yang dimilik oleh pengusaha tersebut berjumlah 2 kapal sekoci dengan kapasitas 6 GT dan 1 kapal Purse Seine dengan kapasitas 17 GT. Selain sebagai pemilik kapal, pengusaha juga memiliki usaha lain yaitu sebagai pedagang dan pengurus kapal. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan didapatkan nilai NPV sebesar Rp1.766.855.814,79. Hasil ini membuktikan NPV usaha pemilik kapal bernilai positif dan memiliki nilai lebih dari 0, maka usaha tersebut menghasilkan lebih banyak kas dari yang dibutuhkan untuk menutup investasi yang dikeluarkan dan memiliki pengembalian pada usaha yang dijalankan. Hal ini menunjukan bahwa usaha pemilik kapal tersebut layak dan dapat dikembangkan atau diteruskan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan perhitungan Internal Rate of Return (IRR) menunjukkan bahwa nilai IRR pengusaha pemilik kapal sebesar 21,49% dan menunjukkan hasil presentase di atas batas rate BI yang digunakan yaitu 7% sesuai tahun awal usaha. Nilai tersebut mengartikan bahwa tingkat pengembalian usaha lebih besar dari rate BI. Dengan kata lain modal investasi lebih menguntungkan jika digunakan untuk usaha dari pada ditabung dibank . Berdasarkan hasil analisis data menggunakan perhitungan Net Benefit Cost Ratio (Net B/C) didapatkan hasil sebesar 1,9. Nilai ini mengartikan bahwa usaha pemilik kapal menghasilkan nilai ratio > 1 yang berarti bahwa usaha pemilik kapal tersebut layak untuk diteruskan dan dikembangkan. Nilai 1 adalah nilai dalam keadaan impas. Pemilik tidak memiliki pinjaman bank, pengusaha yang diteliti menggunakan modal sendiri. Analisis kelayakan usaha dalam metode perhitungan payback periode menunjukkan usaha pemilik kapal sebesar 5,5 tahun, dengan waktu operasional usaha penangkapan 7 bulan dalam 1 tahun. Dan usaha pemilik kapal layak diteruskan atau dikembangkan karena hasil kurang dari batas waktu umur ekonomis kapal yaitu sepuluh tahun. Total komisi dalam 1 tahun sebagai pengurus kapal Rp305.400.020, sebagai pedagang Rp113.220.250 dan pendapatan dari biaya penggunaan rumpon Rp135.170.964. Total pendapatan usaha lain Rp553.791.234. Keuntungan yang didapat sebagai pemiliki kapal Rp545.894.980. Total pendapatan sebagai pemilik kapal, pengurus kapal, dan pedagang dalam 1 tahun sebesar Rp1.099.686.214.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/257/051804636
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:16
Last Modified: 08 Oct 2018 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12469
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item