Hubungan Pola Konsumsi Protein dan Lemak pada Ibu Hamil terhadap Kejadian Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) di Wilayah Kerja Puskesmas Bareng dan Puskesmas Mojowarno Kabupaten Jombang

Putri, FatihKurnia (2014) Hubungan Pola Konsumsi Protein dan Lemak pada Ibu Hamil terhadap Kejadian Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) di Wilayah Kerja Puskesmas Bareng dan Puskesmas Mojowarno Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) adalah keadaan dimana berat lahir bayi kurang dari 2500 gram (sampai dengan 2499 gram). BBLR dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah asupan makanan dan pola konsumsi makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan selama hamil seperti protein dan lemak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola konsumsi protein dan lemak pada ibu hamil terhadap kejadian berat bayi lahir rendah (BBLR) di wilayah kerja Puskesmas Bareng dan Puskesmas Mojowarno Kabupaten Jombang. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan Case Control. Sampel dipilih menggunakan teknik quota sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 68 ibu hamil yang telah melahirkan pada tahun 2013. Hubungan pola konsumsi protein dan lemak pada ibu hamil terhadap kejadian BBLR dianalisis dengan menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola konsumsi protein pada ibu hamil dengan kejadian BBLR (p value=0,016), tidak ada hubungan yang signifikan antara pola konsumsi lemak pada ibu hamil terhadap kejadian BBLR (p value=0,393). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola konsumsi protein pada ibu hamil mempengaruhi kejadian BBLR, sedangkan pola konsumsi lemak pada ibu hamil tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kejadian BBLR.

English Abstract

Low Birth Weight (LBW) is a condition where the newborn baby’s weight less than 2500 gram (until 2499 gram). LBW is caused by several factors, which one is caused by inadequate intake of protein and fat during pregnancy. The purpose of this study was to determine the relationship of protein and fat scheme intake’s in pregnant women with low birth weight incidence in Puskesmas bareng and Puskesmas Mojowarno Jombang District. The research design used analytical descriptive with Case Control method as the approach. The sample was chosen by using non probability sampling technique with quota sampling method, total of samples is 68 pregnant women who had gave birth in 2013. The relationship of protein and fat intake in pregnant women with low birth weight ware analyzed using chi-square. The result showed that there was a significant relathionship between the protein intake in pregnant women with the insidence of low birth weight (p value = 0.016), there was no significant relationship between fat intake’s during pregnancy with the incidence of low birth weight (p value = 0.393). The conclusions of this study is protein scheme intake’s during pregnancy affect the incidence of low birth weigt, while fat scheme intake’s during pregnancy doesn’t significantly affect the incidence of low bith weight.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/448/051403570
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2014 10:32
Last Modified: 21 Oct 2021 17:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124443
[thumbnail of 4._BAB_2.pdf]
Preview
Text
4._BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_4.pdf]
Preview
Text
6._BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_3.pdf]
Preview
Text
5._BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_6.pdf]
Preview
Text
8._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_5.pdf]
Preview
Text
7._BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_7.pdf]
Preview
Text
9._BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
1._COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._ABSTRAK_INDONESIA_+_INGGRIS.pdf]
Preview
Text
2._ABSTRAK_INDONESIA_+_INGGRIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_1.pdf]
Preview
Text
3._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item