Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Bidan Tentang Keterampilan dalam Memberikan Pelayanan yang Sesuai dengan Standar Asuhan Persalinan Normal (APN) Di Kabupaten Madiun

Putri, Cyntia Hemas Febrina (2014) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Bidan Tentang Keterampilan dalam Memberikan Pelayanan yang Sesuai dengan Standar Asuhan Persalinan Normal (APN) Di Kabupaten Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asuhan Persalinan Normal (APN) adalah asuhan esensial yang mengacu pada asuhan yang bersih dan aman selama persalinan dan setelah bayi lahir serta upaya pencegahan dan penanggulangan segera komplikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan bidan tentang keterampilan dalam memberikan pelayanan persalinan yang sesuai dengan standart Asuhan Persalinan Normal (APN). Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 74 bidan. Hasil uji signifikasi Chi Square menunjukkan bahwa pendidikan terakhir dan keterampilan APN yang dimiliki bidan tidak terdapat hubungan bermakna (p > 0,05). Sedangkan hubungan frekuensi mengikuti workshop APN terhadap keterampilan APN yang dimiliki oleh bidan memiliki hubungan yang signifikan (p < 0,05). Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun dan instansi terkait agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bidan dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada bidan seperti APN mengingat masih kurangnya frekuensi workshop yang diikuti bidan, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja dari seorang bidan di lapang.

English Abstract

Normal Labor Care is a essential care was referring to clean and comfortable care during labor and after the baby born also prevention of complication. The purpose of this research was to know the influence factors of midwife’s knowledge about skills in suitable labor treatment of Normal Labor Care Standart. The research design used observational with cross sectional method as the approach. The sample was chosen by using cluster random sampling method with total 74 specimen. The result of Chi-Square Test showed that the last education and midwife’s skills didn’t have significant correlation (p > 0,05). While the correlation between frequency of Normal Labor Care workshop and midwife’s skills is have a significant correlation (p < 0,05). The suggested to Health Service of Madiun District and related institute could improve the knowledge and skills of the midwife with training like Normal Labor Care because the midwife who followed the workshop still less and that very influence to midwife’s performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2014/383/051403333
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Keterampilan, Asuhan Persalinan Normal (APN), Bidan; Knowledge, Skills, Normal Labor Care, Midwife
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 20 Jun 2014 09:30
Last Modified: 02 Dec 2021 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/124371
[thumbnail of SKRIPSI_CYNTIA HEMAS FEBRINA PUTRI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_CYNTIA HEMAS FEBRINA PUTRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item