Pengaruh Variasi Panjang dan Kadar Serabut Kelapa terhadap Karakteristik Marshall pada Aspal Porus

Naufali, Ridhwan Falih (2018) Pengaruh Variasi Panjang dan Kadar Serabut Kelapa terhadap Karakteristik Marshall pada Aspal Porus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aspal porus mempunyai karakteristik sifat porositas yang tinggi dikarenakan campuran tersebut didesain dengan agregat halus lebih sedikit dibanding campuran aspal lainnya. Jalan raya di Indonesia sering terjadi genangan, oleh sebab itu digunakan aspal porus untuk mengalirkan air melalui permukaan aspal dan pori aspal. Pada umumnya aspal porus memiliki stabilitas yang rendah sehingga perlu upaya untuk meningkatkan stabilitas Marshall pada campuran aspal porus. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komposisi optimum kadar serabut kelapa dan panjang serabut kelapa dengan variasi kadar aspal 4%, 5% dan 6%, serta melihat ada atau tidaknya pengaruh variasi kadar dan panjang serabut kelapa terhadap karakteristik Marshall pada aspal porus. Pada penelitian ini perlakuan yang digunakan yaitu dengan membuat campuran aspal perkerasan dengan variasi kadar aspal 4%, 5% dan 6%, variasi kadar serabut kelapa 0.5%, 0.75% dan 1%, serta panjang serabut kelapa 2.5 mm, 5 mm serta 7.5 mm dengan perulangan 3 buah setiap variasi. Standar gradasi yang digunakan pada penelitian ini adalah standar gradasi Aspal Porus Australia dan untuk spesifikasinya menggunakan karakteristik Marshall dari standar Australia (AAPA). Setelah itu dibuat benda uji menggunakan aspal pen 60/70 dan kemudian dicampur serta dipadatkan pada suhu 1400 – 1600 C sesuai standar Bina Marga. Kemudian dilakukan uji Permeabilitas untuk mengetahui kecepatan air yang mengalir pada campuran aspal porus. Dari hasil yang diperoleh, nilai optimum pada kadar aspal, kadar serabut kelapa serta panjang serabut kelapa menggunakan metode grafik 3D adalah 4%, 0,75% dan 5 mm. Penambahan serabut kelapa mampu meningkatkan nilai MQ sebesar 114% dari 112,56 kg/mm menjadi 240,86 kg/mm dan nilai stabilitas sebesar 60,927% dari 388,32 kg menjadi 624,913 kg. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan variasi material standar gradasi lain.

English Abstract

Porous asphalt has a higher porosity because the asphalt is design with less fine aggregate than the other asphalt mixture. Some highway in Indonesia often occurs puddles, therefore porous asphalt are used to drain water through surface layer and pores of porous asphalt. Generally, porous asphalt has low stability so it is necessary to improve Marshall stability on porous asphalt. The purpose of this study are to determine the optimum length of coconut fibers and percentage content of coconut fibers should be added to porous asphalt mixture with variation asphalt content 4%, 5%, 6%, and to determine whether or not the effect of length and percentage content of coconut fibers to Marshall characteristic. In this research, treatment used is by making a mixture of asphalt pavement with variation of 4%, 5% and 6% of asphalt content, 0.5%, 0.75% and 1% of coconut fibers content and 2.5%, 5% and 7.5% of coconut fibers length with 3 reiteration every variation. The standard used in this research are standard gradation from Australian porous asphalt standards and for the specifications use Marshall characteristics from Australian standards (AAPA). After that, the specimen made with asphalt pen 60/70 then mixed and compacted at 1400 – 1600 Celcius according to the Bina Marga standard. Later on, testing the permeability which serves to determine the speed of water that flowing through the porous asphalt. From the results, the optimum content of asphalt, content of coconut fibers and length of coconut fibers using 3D Grapichs method are 4%, 0,75% and 5 mm. The addition of coconut fibers is able to improve the value of MQ by 114% from 112,56 kg/mm to 240,86 kg/mm and the value of stability by 60,927% from 388,32 kg to 624,913 kg. It is necessary to do further research using other gradation standard.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/546/051806777
Uncontrolled Keywords: Aspal Porus, Serabut Kelapa, VIM, Stabilitas, Standar Gradasi Australia, Karakteristik Marshall, Standar AAPA Porous Asphalt, Coconut Fibers, VIM, Stability, Standard Gradation of Australia, Marshall Characteristics, AAPA Standard.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.8 Artifical road surfaces > 625.85 Bituminous materials
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:50
Last Modified: 29 Nov 2021 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12403
[thumbnail of SKRIPSI RIDHWAN FALIH NAUFALI - 135060107111026.docx.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI RIDHWAN FALIH NAUFALI - 135060107111026.docx.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item