Hubungan Daya Tarik Iklan Fast food Pada Media Massa, Asupan Makan Dan Frekuensi Konsumsi Fast food Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Di SMA Negeri 3 Pontianak.

Febriyani, Mila (2013) Hubungan Daya Tarik Iklan Fast food Pada Media Massa, Asupan Makan Dan Frekuensi Konsumsi Fast food Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Di SMA Negeri 3 Pontianak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Remaja usia sekolah merupakan suatu kelompok masyarakat yang relatif rentan terhadap iklan terutama iklan fast food di media televisi maupun media cetak. Kecenderungan dalam mengkonsumsi fast food terlalu sering dapat menimbulkan ketidakseimbangan gizi sehingga menyebabkan gizi lebih (obesitas). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan daya tarik iklan fast food pada media massa, asupan makan dan frekuensi konsumsi fast food dengan kejadian obesitas. Studi korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden. Sampel dipilih dengan cara purposive sampling. Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah daya tarik iklan fast food pada media massa, asupan makan, frekuensi konsumsi fast food dan kejadian obesitas. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara daya tarik iklan fast food dengan kejadian obesitas uji (Spearman’s, p>0,05). Tidak adanya hubungan yang signifikan antara frekuensi konsumsi fast food terhadap kejadian obesitas (Spearman’s, p>0,05). Adanya hubungan yang signifikan antara asupan makan terhadap kejadian obesitas(Spearman’s, p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi konsumsi energi dikonsumsi semakin tinggi resiko terjadinya obesitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan perlu adanya penyuluhan tentang fast food pada remaja agar bisa lebih selektif dalam memilih makanan jajanan dan dapat mengontrol tingkat keseringan frekuensi konsumsi fast food.

English Abstract

School age youth are a community that is relatively susceptible to advertising, especially fast food advertisement on television or print media. The trend in consumption of fast food too often can lead to nutritional imbalances causing overweight (obese). This study aimed to determine the relationship allure of fast food advertising on mass media, food intake and frequency of fast food consumption with the incidence of obesity. Studies with cross sectional correlation with the total sample of 56 respondents. Samples were selected by purposive sampling. The variables measured in this study is the appeal of fast food advertisements in the mass media, food intake, frequency of fast food consumption and obesity. The results showed no significant relationship between fast food advertisements appeal to the incidence of obesity trials (Spearmans, p> 0.05). No significant relationship between the frequency of fast food consumption on the incidence of obesity (Spearmans, p> 0.05). Significant relationship between food intake on the incidence of obesity (Spearmans, p <0.05). The conclusion of this study is the high energy consumption the greater the risk of obesity. Based on these results, it is suggested the need for education about fast food on teenagers to be more selective in choosing food snacks and can control the level of frequency of fast food consumption frequency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/61/051301973
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Mar 2013 11:28
Last Modified: 21 Oct 2021 01:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123901
[thumbnail of 051301973.pdf]
Preview
Text
051301973.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item