Lestari, Vivin Ayu (2017) Pengembangan Kerangka Kerja Untuk Evaluasi Usability Pada E-Government: Studi Kasus E-Finance Pemerintah Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
E-government merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang pada umumnya diimplemetasikan pada sebuah aplikasi berbasis web. Usability adalah salah satu kriteria kualitas yang penting untuk keberhasilan suatu web. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah kerangka kerja untuk evaluasi usability pada e-government yang terdiri dari delapan tahapan yaitu (1) menentukan tujuan evaluasi, (2) menentukan aspek usability, (3) menentukan metrik usability, (4) memilih kandidat metode evaluasi usability, (5) menentukan kriteria yang diperlukan dari metode yang akan dievaluasi, (6) melakukan evaluasi metode, (7) memilih dan membuat instrumen, dan (8) melakukan evaluasi usability. Hasil penerapan kerangka kerja ini pada studi kasus e-finance menghasilkan dua metode yang digunakan yaitu user testing dan kuesioner. User testing digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan pada sistem berdasarkan aspek efektivitas dan efisiensi. Metode kuesioner digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem. Evaluasi usability pada e-government untuk studi kasus e-finance menggunakan kerangka kerja yang diusulkan menghasilkan nilai tingkat usability dari e-finance dalam aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna masing-masing adalah 96%, 92%, dan 70. Sedangkan total permasalahan yang dapat diidentitikasi dikelompokan menjadi 16 permasalahan yang terdiri dari aspek efektivitas dan efisiensi. Setelah melakukan penerapan maka dilakukan evaluasi terhadap kerangka kerja yang diusulkan. Proses evaluasi yang dilakukan dengan dua cara yaitu melakukan perbandingkan proses evaluasi dan waktu yang digunakan dan pendekatan evaluasi usefulness terhadap kerangka kerja yang diusulkan. Hasil evaluasi didapatkan bahwa waktu yang digunakan ketika melakukan evaluasi usability menggunakan kerangka kerja lebih singkat dari pada tanpa kerangka kerja. Selain itu dilakukan analisis pada pendekatan kedua yaitu menilai usefulness kerangka kerja yang diusulkan yang dikelompokkan menjadi 5 bagian yaitu (1) kemanfaatan evaluasi usability, (2) kemanfaatan hasil evaluasi, (3) kemanfaatan user testing dan kuesioner, (4) Peningkatan permasalahan yang teridentifikasi menggunakan kerangka kerja yang diusulkan, dan (5) kemanfaatan kerangka kerja yang diusulkan.
English Abstract
E-government is the use of information and communication technology, especially the internet to improve the quality of public services that are generally implemented in a web-based application. Usability is one of the important quality criteria for the success of a web. This research developed a framework for the evaluation of usability in e-government consisting of eight stages: (1) determine the purpose of the evaluation, (2) determine the usability aspect, (3) determine the metrics of usability, (4) selecting the candidate evaluation methods usability, (5) determine the required criteria of the method to be evaluated, (6) evaluate the method, (7) select and make the instrument, and (8) evaluate usability. The results of the implementation of this framework in the case study of e-finance resulted in two methods used namely user testing and questionnaires. User testing is used to identify problems on the system based on aspects of effectiveness and efficiency. Questionnaire method is used to determine the level of user satisfaction with the system. The evaluation of usability in e-government for e-finance case studies using the proposed framework results in usability level of e-finance in the aspects of effectiveness, efficiency, and user satisfaction are 96%, 92%, and 70 respectively. While the total problems that can be identified to be grouped into 16 problems consisting of aspects of effectiveness and efficiency. After doing the implementation, an evaluation of the proposed framework is proposed. The evaluation process is conducted in two ways: comparing the evaluation process and the time spent and the evaluation approach usefulness to the proposed framework. The evaluation results show that the time spent in evaluating usability uses a framework shorter than without a framework. In addition, an analysis of the second approach is to assess the usefulness of the proposed framework that is grouped into 5 sections (1) usability evaluation usefulness, (2) benefit of evaluation result, (3) the usefulness of user testing and questionnaires, (4) Improved problems identified using the proposed framework, and (5) the usefulness of the proposed framework.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/352.380 285/LES/p/2017/041706583 |
Uncontrolled Keywords: | ELECTRONIC GOVERNMENT INFORMATION, INTERNET GOVERNMENT - INFORMATION SERVICE, ELECTRONIC DATA PROCESSING - FINANCE |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management > 352.380 285 Computer applications |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 03:18 |
Last Modified: | 13 Dec 2020 09:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1239 |
![]() |
Text
Bagian Depan (1).pdf Download (765kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (610kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (821kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VII.pdf Download (683kB) |
![]() |
Text
BAB VIII.pdf Download (562kB) |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (652kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |