Efek Pemberian Kombucha Coffee Terhadap Kadar HDL Tikus Putih (Rattus norvegicus strain wistar) yang Dipapar Asap Rokok.

Istifiani, LolaAyu (2013) Efek Pemberian Kombucha Coffee Terhadap Kadar HDL Tikus Putih (Rattus norvegicus strain wistar) yang Dipapar Asap Rokok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Paparan asap rokok dapat memicu terjadinya stress oksidatif karena adanya radikal bebas pada asap rokok tersebut. Salah satu dampak stress oksidatif adalah penurunan kadar HDL. Stres oksidatif dapat dihambat oleh antioksidan dan salah satu bentuk antioksidan alami adalah katekin. Salah satu minuman yang mengandung katekin adalah Kombucha Coffee (KC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian KC dapat meningkatkan kadar HDL tikus putih yang dipapar asap rokok. Metode paparan asap rokok dilakukan selama 1 bulan. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan menggunakan desain rancangan acak lengkap pada hewan coba tikus wistar jantan dan terdapat 5 kelompok perlakuan yaitu kontrol negatif (P0), kontrol positif (P1), paparan asap rokok + KC 2,7 ml (P2), paparan asap rokok + KC 4,05 ml (P3), paparan asap rokok + KC 5,4 ml (P4). Hasil uji statistik Oneway ANOVA menunjukkan signifikansi (Sig = 0.908 > 0,05), artinya tidak ada pengaruh pemberian KC terhadap kadar HDL tikus wistar yang telah dipapar asap rokok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian KC tidak meningkatkan kadar HDL tikus yang telah dipapar asap rokok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/388/051305406
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Jun 2013 09:43
Last Modified: 21 Jun 2013 09:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123668
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item