Hubungan Tingkat Dukungan Keluarga dengan Mekanisme Koping Individu pada Pasien Kusta di RS Kusta Kediri.

Zamzami, IkeIsmi (2013) Hubungan Tingkat Dukungan Keluarga dengan Mekanisme Koping Individu pada Pasien Kusta di RS Kusta Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyakit kusta merupakan penyakit infeksi kronis pada manusia yang disebabkan oleh mycobacterium leprae. Penyakit kusta menyerang kulit, hidung, dan saraf perifer sehingga menimbulkan berbagai manifestasi yang dapat menjadi stressor dan memicu perubahan mekanisme koping pasien. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi mekanisme koping adalah dukungan sosial. Keluarga memiliki potensi untuk menjadi pendorong utama mekanisme koping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat dukungan keluarga dengan mekanisme koping individu pada pasien kusta di RS Khusus Kusta Kediri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskripsi analitik korelasi dengan pendekatan “Cross Sectional” dengan variabel ganda yaitu variabel independen (Tingkat dukungan keluarga) dan variabel dependen (Mekanisme koping). Pengambilan sampel dilakukan dengan Quota Sampling Technique dengan jumlah sampel 55 responden. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara terstruktur dengan bantuan peneliti. Analisis data menggunakan uji statistik bivariat non-parametrik, yaitu uji hipotesis korelasi Spearman Rho pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan uji Spearman Rho didapatkan data Pvalue/nilai probabilitas < 0,05 yakni 0,001 dan R = 0,421. Dari hasil analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian (H1) diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat dukungan dengan mekanisme koping individu pada pasien kusta di RS Khusus Kusta Kediri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/382/051305400
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Jun 2013 14:43
Last Modified: 19 Jun 2013 14:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123662
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item