FrenkiAji, Rendra (2013) Perbedaan Pendidikan Kesehatan antara Metode Simulasi dengan Metode Ceramah terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Penatalaksanaan Demam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tingkat pengetahuan ibu tentang penanganan demam berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada 10 orang ibu menunjukkan bahwa pengetahuan tentang demam yang dimiliki sangat kurang. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan ibu adalah dengan cara memberikan pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode yang tepat, karena penanganan demam berkaitan dengan masalah pengetahuan dan sikap. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan antara metode simulasi dengan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang penatalaksanaan demam. Penelitian ini bersifat experimental dengan pendekatan “Quasi experimental” dengan rancangan “Pretest-Posttest Design With Comparison Group”. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu wali murid yang anaknya bersekolah di Pos PAUD Ceria kelurahan Madyopuro, kecamatan Kedungkandang, Malang. Tehnik sampling menggunakan Consecutive sampling. Dari 32 orang datang dibagi menjadi dua kelompok perlakuan yaitu kelompok simulasi dan kelompok ceramah. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t tidak berpasangan (Independent sample t test) dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.021 (p < 0.05) untuk metode ceramah, maka dapat diartikan ada perbedaan pendidikan kesehatan menggunakan metode simulasi dengan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang penatalaksanaan demam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2013/373/051305391 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 13 Jun 2013 15:10 |
Last Modified: | 13 Jun 2013 15:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123653 |
Actions (login required)
View Item |