Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Program Studi Alih Jenjang Ilmu Keperawatan Angkatan 2011 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.

Rusmawati (2013) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Program Studi Alih Jenjang Ilmu Keperawatan Angkatan 2011 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Secara fisiologis pada proses learning & memory blow, motivasi menginduksi learning proses yang baik, hasil ini bisa diimplementasikan pada Indeks Prestasi. Motivasi belajar adalah kekuatan yang dapat mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar motivasi belajar dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak didalam diri individu (peserta didik) yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberi arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi hubungan antara motivasi belajar mahasiswa dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan B Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya malang angkatan tahun 2011. Design penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan data dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan Total sampling. Penelitian dilakukan pada tanggal 10 Januari - 15 Januari 2013 dengan jumlah sampel 40 orang. Hasil analisis korelasi dengan Spearman’s rho dengan tingkat signifikansi atau α=0,05 yang menggunakan SPSS 16.0 didapatkan nilai Correlation Coefficient sebesar -0,309 dengan ρ sebesar 0,052, dimana jika ρ≥ α atau 0,052 ≥ 0,05 artinya bahwa Ho diterima dan dinyatakan tidak terdapat korelasi, sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara Motivasi Belajar dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Program Studi Alih Jenjang Ilmu Keperawan angkatan 2011 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Oleh karena itu motivasi belajar mahasiswa harus tetap ditingkatkan agar dapat tercapainya prestasi belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/369/051305153
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Jun 2013 08:50
Last Modified: 21 Jun 2013 08:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123648
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item