Hubungan Pengetahuan Ibu Menyusui tentang ASI Eksklusif dengan Pemberian MPASI Dini di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo

Wijayati, Mega (2013) Hubungan Pengetahuan Ibu Menyusui tentang ASI Eksklusif dengan Pemberian MPASI Dini di Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persentase pemberian MPASI dini di Indonesia sangat tinggi. Berbagai penelitian yang dilakukan di Indonesia menyebutkan salah satu faktor yang mempengaruhi pemberian MPASI dini adalah faktor pengetahuan. Pengetahuan yang baik tentang ASI eksklusif akan berdampak pada pemberian ASI eksklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang ASI eksklusif dengan pemberian MPASI dini. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional dilakukan terhadap ibu menyusui. Variabel yang diukur adalah karakteristik ibu termasuk pengetahuan ASI ekslusif dan pemberian MPASI dini pada bayi. Penelitian ini menemukan adanya hubungan antara pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dengan pemberian MPASI dini. Sebagian besar (96,3%) ibu yang berpengetahuan cukup dan kurang memberikan MPASI dini pada bayinya. Pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif berhubungan dengan tingkat pendidikan (p=0,001) dan tingkat pendapatan ibu (p=0,019).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/330/051304964
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Jun 2013 09:42
Last Modified: 24 Jun 2013 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123611
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item