Pengaruh Pemberian Vitamin E terhadap Kadar Hemoglobin Maternal Tikus Rattus Norvegicus Bunting yang dipapar Asap Rokok Subakut

Lovita, AgnestiaNaningDian (2013) Pengaruh Pemberian Vitamin E terhadap Kadar Hemoglobin Maternal Tikus Rattus Norvegicus Bunting yang dipapar Asap Rokok Subakut. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Paparan asap rokok pada kehamilan berhubungan dengan penurunan kadar hemoglobin akibat proses stress oksidatif yang dapat berakibat buruk pada kehamilan dan janin. Penelitian ini bertujuan membuktikan bahwa vitamin E dapat mempengaruhi kadar hemoglobin tikus bunting yang dipapar asap rokok subakut. Studi eksperimental menggunakan Randomized Post Test Only Control Grup Design dilakukan terhadap tikus Rattus norvegicus bunting yang dibagi dalam lima kelompok: kontrol negatif, kontrol positif, dosis vitamin E 100 mg/kgBB/hari, 200 mg/kgBB/hari dan 400 mg/kgBB/hari (n = 4). Pemberian vitamin E dimulai sejak hari pertama kebuntingan sedangkan pemaparan asap rokok dimulai pada hari ke – 6 kebuntingan. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah kadar hemoglobin darah maternal tikus bunting yang dibedah pada hari ke – 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara kontrol negatif dan kontrol positif (p=0,004), serta kontrol positif dan dosis 400 mg/kgBB/hari (p=0,013), sedangkan antara kelompok lain tidak menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna. Namun menurut uji d type effect size, pemberian dosis 100 dan 200 mg/kgBB/hari memiliki efek yang besar terhadap perubahan kadar hemoglobin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemaparan asap rokok subakut mengakibatkan kenaikan kadar hemoglobin tikus bunting, dan pemberian vitamin E menurunkan kadar hemoglobin tikus bunting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/326/051304872
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Jun 2013 09:04
Last Modified: 25 Jun 2013 09:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123607
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item