Studi Mutu Mikrobiologi Staphylococcus Aureus Dan Mutu Organoleptik Antara Ayam Potong Pada Pasar Tradisional Dan Pasar Swalayan Di Kota Malang.

Cahyani, RullytaDwi (2013) Studi Mutu Mikrobiologi Staphylococcus Aureus Dan Mutu Organoleptik Antara Ayam Potong Pada Pasar Tradisional Dan Pasar Swalayan Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keamanan ayam potong di pasar tradisional dan pasar swalayan terhadap cemaran bakteri patogen Staphylococcus aureus harus diwaspadai karena bakteri ini dapat menghasilkan toksin yang tidak akan mati dalam suhu dan waktu pemanasan maksimum. Penelitian ini bertujuan mengetahui mutu mikrobiologi Staphylococcus aureus antara ayam potong pada pasar tradisional dan pasar swalayan serta mengetahui hubungan jumlah Staphylococcus aureus terhadap perubahan organoleptik ayam potong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan survei. Sampel dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan semua sampel ayam potong dari pasar tradisional tidak aman karena melebihi batas maksimum cemaran Staphylococcus aureus yang ditetapkan oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) sedangkan sebanyak 13,3% sampel ayam potong dari pasar swalayan dinyatakan tidak aman. Semua sampel yang tidak aman tersebut tidak mengandung toksin karena jumlah Staphylococcus aureus <105 koloni/gram. Berdasarkan Korelasi Spearman, jumlah Staphylococcus aureus memiliki hubungan bermakna (p<0,05) terhadap perubahan organoleptik pada aroma, warna, tekstur, dan penampakan. Kesimpulan dari penelitian ini mutu mikrobiologi Staphylococcus aureus ayam potong berbeda nyata antara pasar tradisional dan pasar swalayan. Jumlah cemaran Staphylococcus aureus berpengaruh terhadap perubahan organoleptik (aroma, warna, tekstur, dan penampakan) ayam potong baik pada pasar tradisional maupun pasar swalayan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/319/051304868
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Jun 2013 09:39
Last Modified: 21 Jun 2013 09:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123599
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item