Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Perawatan Gigi Sejak Dini Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Mentari Indonesia Kecamatan Blimbing Malang.

The, Selvie (2013) Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Perawatan Gigi Sejak Dini Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Mentari Indonesia Kecamatan Blimbing Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karies gigi merupakan salah satu bentuk kerusakan gigi yang paling sering dialami anak usia prasekolah sehingga dapat mengganggu proses tumbuh kembang mereka. Salah satu faktor yang berperan untuk mencegah karies pada anak adalah pengetahuan orang tua tentang perawatan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang perawatan gigi sejak dini dengan kejadian karies gigi pada anak usia prasekolah di TK Mentari Indonesia Kecamatan Blimbing Malang. Jenis penelitian deskriptif analitik korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel secara total sampling terdiri dari 30 responden. Variabel independen adalah tingkat pengetahuan orang tua tentang perawatan gigi sejak dini, variabel dependen adalah kejadian karies gigi anak prasekolah di TK Mentari Indonesia. Pengumpulan data tingkat pengetahuan orang tua dengan kuesioner, sedangkan pengukuran karies gigi menggunakan checklist melalui pemeriksaan visual. Hasil penelitian menunjukkan (70%) orang tua memiliki tingkat pengetahuan yang baik tentang perawatan gigi; angka karies gigi mencapai (43,3%), dan (56,7%) anak tidak mengalami karies. Anak yang tidak mengalami karies lebih banyak pada orang tua dengan tingkat pengetahuan yang baik (53,3%). Harga Chi Square didapatkan X2 hitung = 8,378 > X2 tabel = 3,841; dimana df = 1; p value = 0,004 < α = 0,05; hasil uji Koefisien Kontingensi (C) = 0,467. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat dan positif antara tingkat pengetahuan orang tua tentang perawatan gigi sejak dini dengan kejadian karies gigi anak usia prasekolah di TK Mentari Indonesia Kecamatan Blimbing Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/318/051304845
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Jun 2013 15:07
Last Modified: 13 Jun 2013 15:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123598
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item