Gambaran OHI-S Berdasarkan Pekerjaan Pasien Dewasa di Poli Gigi Puskesmas Gribig Kecamatan Kedungkandang.

Dompeipen, Filadelphi (2013) Gambaran OHI-S Berdasarkan Pekerjaan Pasien Dewasa di Poli Gigi Puskesmas Gribig Kecamatan Kedungkandang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Status kebersihan mulut seseorang diukur dengan OHI-S (Oral Hygiene Index Simplified) yang dipengaruhi oleh lima faktor, yaitu faktor biologi individu dan genetik, perilaku pribadi dan gaya hidup, akses ke perawatan, organisasi perawatan kesehatan dan lingkungan. Plak dan kalkulus menjadi indikator OHI-S, dimana OHI-S yang buruk merupakan salah satu penyebab penyakit periodontal. Lingkungan yaitu pekerjaan dapat menjadi faktor resiko penyakit periodontal. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran OHI-S berdasarkan pekerjaan pasien dewasa di poli gigi puskesmas Gribig kecamatan Kedungkandang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan metode purposive dengan jumlah 88 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status OHI-S buruk ditemukan pada pekerjaan sebagai buruh / tani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/308/051304835
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Jun 2013 09:23
Last Modified: 21 Jun 2013 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123587
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item