Hubungan Peran Fasilitator Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Keperawatan Selama Proses Diskusi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Wiyatno, Agung (2013) Hubungan Peran Fasilitator Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Keperawatan Selama Proses Diskusi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Student Centerd Learning (SCL) merupakan model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Salah satu model pembelajaran pendekatan SCL adalah Problem Based Learning (PBL). Pada PBL peran seorang dosen adalah sebagai fasilitator yang mempermudah mahasiswa dengan memberi stimulus dan membantu mahasiswa untuk tetap fokus selama diskusi sehingga diharapkan kepuasan mahasiswa dapat meningkat selama PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran fasilitator terhadap tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan selama proses diskusi dengan menggunakan metode pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan Cross Sectional Study terhadap 320 mahasiswa angkatan 2009-2011 program A di Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dari tiap angkatan. Variabel yang diukur adalah peran fasilitator dan tingkat kepuasan mahasiswa. Uji statistik menggunakan regresi sederhana dengan taraf kepercayaan 95%, hasilnya menunjukkan adanya hubungan bermakna antara peran fasilitator terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dengan signifikansi p(0,000)<α(0,05) dan peran fasilitator dalam membantu mahasiswa untuk tetap fokus selama diskusi mempunyai pengaruh hubungan paling besar dengan R = 43,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin sering fasilitator melakukan perannya ketika PBL semakin meningkat kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan perlu adanya persamaan pemahaman atau persepsi terkait apa saja peran fasilitator selama PBL dan jurusan juga harus memperhatikan fasilitas pendidikan dan karakteristik dari mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/305/051304819
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Jun 2013 14:24
Last Modified: 19 Jun 2013 14:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123585
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item