Efektivitas Ekstrak Etanol Rimpang Kencur (Kaempferia galanga Linn.) Dalam Menghambat Pertumbuhan Candida albicans Isolat 218-SV Secara In Vitro.

Hermilasari, RistaDwi (2013) Efektivitas Ekstrak Etanol Rimpang Kencur (Kaempferia galanga Linn.) Dalam Menghambat Pertumbuhan Candida albicans Isolat 218-SV Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Infeksi Candida albicans merupakan penyebab timbulnya kandidiasis. Angka kejadian karena infeksi Candida albicans yang sering banyak ditemukan, efek merugikan pada obat antifungi, dan semakin berkembangnya pemakaian obat herbal maka perlunya pemanfaatan tanaman herbal sebagai pilihan obat alternatif antijamur. Pilihan obat alternatif tersebut adalah kencur (Kampferia galanga Linn.), yang kemungkinan kandungan zat aktif didalamnya seperti tanin, sineol, saponin, dan flavonoid berpotensi sebagai antijamur. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan bahwa ekstrak etanol rimpang kencur (Kaempferia galanga Linn.) efektif dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans secara in vitro. Penelitian ini menggunakan metode dilusi agar dan sampel uji berupa satu isolat Candida albicans yang berasal dari penderita kandidiasis vagina. Bahan uji yang digunakan adalah ekstrak etanol rimpang kencur yang dibuat dengan metode maserasi dengan konsentrasi 0% (sebagai kontrol positif), 1%, 2%, 3%, 4%, 5%, dan 50% (sebagai kontrol negatif). Hasil uji analisis Kruskal-Wallis didapatkan perbedaan yang signifikan (p = 0,001), kemudian uji lanjutan dengan Mann- Whitney dan terdapat hubungan antara kenaikan konsentrasi ekstrak etanol rimpang kencur dengan pengurangan jumlah koloni Candida albicans (R = - 0,964). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol rimpang kencur efektif dalam menghambat pertumbuhan koloni Candida albicans dengan Kadar Hambat Minimal (KHM) pada konsentrasi 4%. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut efektivitas ekstrak etanol rimpang kencur dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans secara in vivo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/281/051304516
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 May 2013 09:45
Last Modified: 02 May 2013 09:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123563
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item