Efek Antifungi Ekstrak Etanol Rumput Teki (Cyperus rotundus L.) Terhadap Candida albicans Isolat Vaginitis Secara In Vitro

Harnas, ElyaDeviMD (2013) Efek Antifungi Ekstrak Etanol Rumput Teki (Cyperus rotundus L.) Terhadap Candida albicans Isolat Vaginitis Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kandidiasis vaginalis merupakan penyakit infeksi jamur pada vagina yang disebabkan oleh spesies Candida, terutama Candida albicans. Candida albicans bersifat oportunistik, seperti pada seseorang dengan immunocompromised, lingkungan dengan pH rendah, dan higienitas rendah dapat merubah Candida albicans menjadi patogen yang dapat menyebabkan kandidiasis vaginalis. Rumput teki dipilih sebagai alternatif pengobatan Candida albicans karena dalam rumput teki memiliki zat yang bersifat antijamur, antara lain flavonoid, saponin, minyak atsiri, alkaloid, dan tanin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol rumput teki terhadap pertumbuhan Candida albicans secara in vitro. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan metode dilusi tabung. konsentrasi ekstrak etanol rumput teki yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0%, 25% , 27,5% , 30% , 32,5% , dan 37,5% dengan masing-masing menggunakan empat isolat yang berasal dari swab vagina pasien yang berbeda. Kadar Hambat Minimal (KHM) diperoleh dengan membandingkan tingkat kekeruhan pada masingmasing tabung uji. Sedangkan Kadar Bunuh Minimal (KBM) didapat dengan cara penanaman dengan penggoresan masing-masing konsentrasi pada Sabouraud Dextrose Agar (SDA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KHM tidak dapat dievaluasi karena pada semua konsentrasi tidak terlihat adanya perbedaan tingkat kekeruhan yang significant. Sedangkan KBM pada empat isolat berada pada konsentrasi 35% . Dari uji One-Way ANOVA didapatkan perbedaan bermakna antara masing-masing konsentrasi ekstrak etanol rumput teki (p = 0,00). Dari uji korelasi Pearson didapatkan hubungan yang sangat kuat dan berbanding terbalik antara konsentrasi dan jumlah koloni Candida albicans yakni (R = -0,850). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak etanol rumput teki dapat menghambat dan membunuh pertumbuhan Candida albicans secara in vitro.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/273/051304508
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 May 2013 10:06
Last Modified: 02 May 2013 10:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123555
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item