Efek Pemberian Jus Buah Belimbing Manis (Averrhoa carambola L.) Terhadap Peningkatan Jumlah Sel Makrofag Pada Soket Gigi Tikus (Rattus Novergicus) Strain Wistar Pasca Pencabutan.

Yuneda, YudistiaraGenna (2013) Efek Pemberian Jus Buah Belimbing Manis (Averrhoa carambola L.) Terhadap Peningkatan Jumlah Sel Makrofag Pada Soket Gigi Tikus (Rattus Novergicus) Strain Wistar Pasca Pencabutan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyembuhan luka pasca pencabutan gigi melibatkan banyak faktor. Salah satu faktor yang berperan penting pada penyembuhan luka pasca pencabutan gigi adalah sel makrofag. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek pemberian jus buah belimbing manis (Averrhoa carambola L.) terhadap peningkatan jumlah sel makrofag pada soket gigi tikus pasca pencabutan. Metode penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental laboratoris yang menggunakan metode randomized post test only control group design. Hewan coba dibagi dalam 4 kelompok, yaitu kelompok kontrol yang tidak diberikan jus buah belimbing manis pasca pencabutan gigi, perlakuan 1 (pencabutan gigi + 5ml/kgBB jus buah belimbing manis), perlakuan 2 (pencabutan gigi + 10ml/kgBB jus buah belimbing manis), dan perlakuan 3 (pencabutan gigi + 20ml/kgBB jus buah belimbing). Untuk mengetahui jumlah sel makrofag pada soket gigi tikus pasca pencabutan dilakukan penghitungan secara manual melalui preparat histologis dengan bantuan mikroskop digital. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan jumlah sel makrofag pada soket gigi tikus pasca pencabutan dengan derajat kemaknaan (p = 0 < 0,05) pada pemberian terapi jus buah belimbing manis. Korelasi antara dosis jus buah belimbing manis dengan jumlah sel makrofag pada soket gigi tikus pasca pencabutan sangat kuat (r = 0,984), dan arahnya positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, semua dosis pemberian jus buah belimbing manis dapat meningkatkan jumlah sel makrofag pada soket gigi tikus pasca pencabutan .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/252/051303553
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Apr 2013 13:26
Last Modified: 30 Apr 2013 13:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123535
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item