. Hubungan antara OHI-S dengan Indeks DMF-T pada Siswa Kelas 5 di SDN Blimbing III Kota Malang.

Maulida, BebbyVirgi (2013) . Hubungan antara OHI-S dengan Indeks DMF-T pada Siswa Kelas 5 di SDN Blimbing III Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Oral Hygiene Index Simplified (OHI-S) adalah indeks yang digunakan untuk mengukur status oral hygiene seseorang. Indeks DMF-T adalah angka yang menunjukkan status karies gigi. Kebiasaan jajan serta oral hygiene juga merupakan salah satu faktor resiko pembentuk karies, karena itu evaluasi OHI-S penting dalam studi etiologi karies gigi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara OHI-S dengan indeks DMF-T pada siswa kelas 5 di SDN Blimbing III Kota Malang. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dilakukan secara total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 93 siswa. Data diambil melalui observasi langsung oleh dokter gigi, kemudian hasil data dianalisa menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil analisa menunjukkan bahwa siswa kelas 5 SDN Blimbing III kota Malang sebagian besar memiliki OHI-S yang baik (53,8%) dengan hampir seluruh siswa memiliki indeks DMF-T yang rendah (80,6%). Hasil uji korelasi spearman rank (r= 0,212 dengan p= 0,041) menunjukkan bahwa terdapat keeratan hubungan yang cukup lemah, yakni 21,2% dan terdapat hubungan yang signifikan antara OHI-S dan indeks DMF-T pada siswa kelas 5 di SDN Blimbing III. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar siswa tetap rutin menjaga oral hygiene, agar angka kejadian karies tidak meningkat dan dapat terciptanya keadaan bebas karies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/242/051303543
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Apr 2013 09:48
Last Modified: 30 Apr 2013 09:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123528
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item