Pengaruh Pemberian Ekstrak Metanol Daun Kelor (Moringa Oleifera) terhadap Jumlah Cscs (Cancer Stem Cells) pada Tikus (Rattus Norvegicus) Yang Diinduksi DMBA (7,12 Dimetil Benz A Antrachene)

Hartono, IvanAndre (2013) Pengaruh Pemberian Ekstrak Metanol Daun Kelor (Moringa Oleifera) terhadap Jumlah Cscs (Cancer Stem Cells) pada Tikus (Rattus Norvegicus) Yang Diinduksi DMBA (7,12 Dimetil Benz A Antrachene). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Insiden kanker semangkin meningkat di dunia, termasuk di Indonesia. Terapi definitifnya adalah dengan modalitas bedah dan kemoterapi namun belum memberikan hasil yang memuaskan. CSCs dapat menjadi target terapi kanker . CSCs (Cancer Stem Cells) merupakan jenis sel dalam koloni kanker yang bertanggung jawab atas pertumbuhan kanker, metastasis serta resistensi kanker. CSCs dapat menjadi target terapi kanker. Salah satu faktor resiko kanker adalah karsinogen kronis, yaitu DMBA (7,12 dimethylbenz [a]anthracene). Daun kelor (Moringa oleifera) memiliki kandungan quercetin sebagai antioksidan kuat yang diharapkan dapat menekan pertumbuhan kanker yang diinduksi oleh DMBA dan menurunkan jumlah CSCs. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa ekstrak methanol daun kelor menurunkan jumlah CSCs jaringan kanker tikus yang diinduksi DMBA. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian experimental dengan 5 kelompok tikus masing-masing terdiri dari 6 ekor tikus strain wistar (Rattus norvegicus). Selama 45 hari pertama setiap kelompok kecuali kontrol negatif diberi DMBA 10 mg/ml/hari. Setelah itu, selama 60 hari kelompok perlakuan 1, 2, dan 3 diberi ekstrak methanol daun kelor dengan dosis 20, 40, 80 mg/ml/hari. Pengamatan jumlah CSCs jaringan kanker dilakukan dengan metode imunofloresense. Analisis data dengan ANOVA dan gambar menunjukan adanya perbedaan dan penurunan jumlah CSCs. Kesimpulan penelitian ini adalah ekstrak methanol daun kelor dapat menurunkan jumlah CSCs jaringan kanker tikus yang diinduksi DMBA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/227/051302880
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Apr 2013 09:57
Last Modified: 29 Apr 2013 09:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123513
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item