Hubungan Pola Menyikat Gigi Dengan Indeks DMF-T Pada Siswa Kelas VI di MINU Nadla’ul Ulum Kecamatan Blimbing Malang

Sukma, CempakaMirantyas (2013) Hubungan Pola Menyikat Gigi Dengan Indeks DMF-T Pada Siswa Kelas VI di MINU Nadla’ul Ulum Kecamatan Blimbing Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indeks DMF-T adalah angka yang menunjukkan status karies gigi. Usia sekolah merupakan masa pertumbuhan gigi dan rentan terjadi karies gigi. Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah membersihkan mulut dengan salah satu cara yaitu menyikat gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara pola menyikat gigi terhadap Indeks DMF-T pada siswa kelas VI. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik observasional dengan desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 37 orang. Data diambil dengan observasi langsung dan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Data dianalisa menggunakan kolerasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VI di MINU Nadla’ul Ulum hampir setengahnya (40,6%) memiliki pola menyikat gigi yang kurang dengan dengan indeks DMF-T yang sangat rendah (40,6%). Hasil uji kolerasi spearman rank (r= -0.455 dengan p=0.005) menunjukkan bahwa terdapat keeratan hubungan dan memiliki hubungan yang nyata (signifikan) antara pola menyikat gigi terhadap indeks DMF-T pada siswa kelas VI. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar siswa lebih meningkatkan pola menyikat giginya, yang dapat mengurangi angka kejadian karies sehingga didapatkan indeks DMF-T yang rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/222/051302875
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 617 Surgery, regional medicine, dentistry, ophthalmology, otology, audiology > 617.6 Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Apr 2013 14:40
Last Modified: 29 Apr 2013 14:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123508
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item