Efektifitas Program Pendampingan Keluarga Balita dengan Mother Class dan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) terhadap Kenaikan Berat Badan dan Perubahan Status Gizi pada Balita Gizi Buruk di Kota

Nurchakim, Ridzotullahmad (2013) Efektifitas Program Pendampingan Keluarga Balita dengan Mother Class dan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) terhadap Kenaikan Berat Badan dan Perubahan Status Gizi pada Balita Gizi Buruk di Kota. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Pendampingan Keluarga Balita dan Mother Class / MC (nutrition education program), serta pemberian PMT merupakan bentuk penanggulangan balita gizi buruk oleh Dinkes Kota Surabaya, Jawa Timur tahun 2011 yang telah berjalan 9 bulan. Penelitian ini untuk mengetahui efektifitas program-program tersebut terhadap Kenaikan Berat Badan dan Perubahan Status Gizi. Penelitian menggunakan data sekuder yang sesuai dengan kriteria inklusi. Desain penelitian kohort retrospektif, yaitu membagi kelompok berdasarkan terpapar (eksposure) dan tidak terpapar. Eksposure dalam penelitian ini adalah sampel yang mengikuti Mother Class. Setiap kelompok exsposure dan tidak, terdiri dari 3 kelompok (tanpa PMT / PMT < 1 bulan, PMT 1 - 3 bulan, dan PMT > 3 bulan). Sehingga total didapatkan 6 kelompok, yaitu Pendampingan + tanpa PMT / PMT < 1 bulan (n = 192), Pendampingan + PMT 1 - 3 bulan (n = 310), Pendampingan PMT > 3 bulan (n = 122) dan Pendampingan + MC + tanpa PMT / PMT < 1 bulan (n = 51), Pendampingan + MC + PMT 1 - 3 bulan (n = 119), Pendampingan + MC + PMT > 3 bulan (n = 47). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan z-score BB/TB dan BB/U (p=0,00) pada awal dan akhir di semua kelompok intervensi. Pemberian PMT belum menunjukan adanya perbedaan yang signifikan terhadap kenaikan berat badan, kenaikan z-score dari awal sampai akhir program dan rata-rata kenaikan z-score tiap bulannya pada indeks BB/TB dan BB/U (p > α), namun berbeda signifikan pada indeks TB/U (p = 0,003). Penambahan Mother Class memiliki perbedaan signifikan terhadap indikator status gizi BB/TB (p = 0,048), dimana kelompok pendampingan + MC memiliki nilai yang lebih baik. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian PMT dengan berbagai variasi lama pemberian belum menunjukan adanya perbedaan yang signifikan terhadap perubahan status gizi BB/TB dan BB/U dan penambahan Mother Class sebagai ekstra nutrition education dari kegiatan Pendampingan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap indikator status gizi BB/TB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/201/051302792
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 01 May 2013 10:05
Last Modified: 01 May 2013 10:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123485
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item