Pengaruh Ekstrak Metanol Daun Ciplukan (Physalis minima) Dengan Metode Maserasi Terhadap Pertumbuhan Bakteri E. coli Secara In Vitro.

Astriani, Nidia (2012) Pengaruh Ekstrak Metanol Daun Ciplukan (Physalis minima) Dengan Metode Maserasi Terhadap Pertumbuhan Bakteri E. coli Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bakteri E. coli merupakan flora normal didalam tubuh, tetapi jika bermigrasi dari usus besar bisa menyebabkan banyak penyakit.Untuk menangani infeksi bakteri digunakan antimikroba. Tapi banyak obat yang dianggap tidak efektif dan di anggap bakteri telah resisten terhadap obat tersebut. Oleh karena itu diperlukan obat alternatif. Salah satunya daun ciplukan yang memiliki kandungan flavonoid, dan saponin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekstrak daun ciplukan sebagai antimikroba terhadap E. coli secara in vitro . Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental laboratorik dengan post test control group design only. Metode yang digunakan adalah difusi cakram yang digunakan untuk menentukan Kadar Hambat Minimum (KHM) dan penggunaan medium NAP untuk menentukan Kadar Bunuh Minimum (KBM). Ekstrak daun ciplukan dibuat dengan ekstraksi Maserasi menggunakan metanol 96%. Konsentrasi ekstrak yang dipakai yaitu 16%, 17%, 18%, 19%, dan 20%, sedang konsentrasi E. coli adalah 10 6 CFU/ml . Hasil statistik Kruskal Wallis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada perubahan konsentrasi ekstrak metanol 96% daun ciplukan terhadap jumlah koloni E. coli (p<0,05). Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan antara konsentrasi ekstrak dengan jumlah koloni (Korelasi, R = -0.736: p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ekstrak methanol daun ciplukan mempunyai efek antimikroba terhadap E. coli secara in vitro dengan Kadar Hambat Minimum (KHM) 18% dan Kadar Bunuh Minimum (KBM) adalah 20%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/2/051300213
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Mar 2013 15:40
Last Modified: 05 Mar 2013 15:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123482
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item