Hubungan antara Strategi Coping dengan Tingkat Kecemasan pada Ibu Hamil Trimester III dengan Hipertensi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar Malang

Wulandari, SintaErlindaAyu (2013) Hubungan antara Strategi Coping dengan Tingkat Kecemasan pada Ibu Hamil Trimester III dengan Hipertensi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hipertensi dalam kehamilan dapat menimbulkan kecemasan yang lebih sering dirasakan oleh ibu hamil trimester III (usia kehamilan 29-42 minggu). Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan ialah strategi coping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi coping dengan tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III dengan hipertensi di RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Metode penelitian yang digunakan ialah observational analytic dengan cross-sectional design yang dilakukan terhadap 63 ibu hamil trimester III dengan hipertensi di RSUD dr. Saiful Anwar Malang pada tanggal 1 Juli - 31 Agustus 2012. Sampel dipilih dengan cara accidental sampling. Variabel yang diukur ialah strategi coping dan tingkat kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan p (value) 0.000 < 0.05 berarti ada hubungan yang signifikan antara strategi coping dengan tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III dengan hipertensi. Nilai RXY = -0.804 > Rtabel = 0.254 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara strategi coping dengan tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III dengan hipertensi tergolong sangat tinggi. Semakin tinggi strategi coping yang digunakan maka semakin rendah tingkat kecemasan yang dirasakannya dan sebaliknya. Kesimpulan pada penelitian ini ialah ada hubungan antara strategi coping dengan tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III dengan hipertensi di RSUD dr. Saiful Anwar Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/198/051302870
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 01 May 2013 08:04
Last Modified: 01 May 2013 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123480
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item