Hubungan antara Obesitas pada Anak terhadap Prestasi Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 1

Ahmadah, Zahrosofi (2013) Hubungan antara Obesitas pada Anak terhadap Prestasi Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Obesitas anak didefinisikan sebagai indeks massa tubuh yang berada pada atau lebih besar dari persentil ke-95 terhadap umur dan jenis kelamin. Obesitas anak membawa berbagai dampak bagi anak, salah satunya adalah prestasi belajar yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara obesitas anak dengan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Malang. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified simple random sampling. Terdapat 145 responden yang kemudian digolongkan pada anak yang mengalami obesitas dan tidak obesitas berdasarkan IMT dengan menggunakan kriteria grafik pertumbuhan WHO. Prestasi akademik ditentukan dengan menggunakan rata-rata raport siswa dikatakan baik jika diatas nilai rata- rata kelas dan kurnag jika di bawah rata – rata kelas. Terdapat 35 siswa yang mengalami obesitas dan 110 siswa tidak mengalami obesitas. Berdasarkan analisis data dengan SPSS 16.0, peringkat hasil uji spearman menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 (<α 0,05) dengan nilai korelasi -0,457. Berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara obesitas dengan prestasi akademik siswa. Studi ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara obesitas siswa dengan prestasi akademik. Dalam hal ini, siswa obesitas cenderung memiliki nilai yang kurang dari anak yang tidak obes dengan nilai efektivitas adalah 45,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/191/051302782
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 26 Apr 2013 14:02
Last Modified: 26 Apr 2013 14:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123473
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item