Perbedaan Tingkat Kepuasan Antara Pasien Jamkesmas Dan Non Jamkesmas Tentang Perilaku Caring Perawat Diruang Bedah RSUD Dompu NTB.

Subhan (2013) Perbedaan Tingkat Kepuasan Antara Pasien Jamkesmas Dan Non Jamkesmas Tentang Perilaku Caring Perawat Diruang Bedah RSUD Dompu NTB. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku caring merupakan suatu bentuk sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh perawat dalam memberikan pelayanan dengan lebih baik dan bermutu sehingga pasien merasa puas dengan apa yang dilakukan oleh perawat. Salah satu keuntungannya adalah mewujudkan harapan yang sesuai dengan keinginan pasien sebelumnya dan mengurangi perasaan kecewa serta ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan, baik terhadap pasien Jamkesmas maupun Non Jamkesmas. Namun perasaan tidak puas terhadap perawatan sering dirasakan oleh pasien Jamkesmas, hal ini disebabkan pasien Jamkesmas merasa mendapat pelayanan yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi perbedaan tingkat kepuasan antara pasiien Jamkesmas dan Non Jamkesmas tentang perilaku caring perawat. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan sampel sebanyak 30 pasien Jamkesmas dan 30 Non Jamkesmas yang dipilih melalui metode purpouse sampling. Hasil analisis statistik menggunakan mann-Withney didapatkan nilai Z hitung sebesar 2,015 dan Z tabel sebesar 1,96 dengan signifikansi p-value 0.044. Kemudian dilakukan perbandingan dimana Z hitung > Z tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara pasien Jamkesmas dan Non Jamkesmas tentang perilaku caring perawat di Ruang Bedah RSUD Kabupaten Dompu. Dari hasil kesimpulan ini diharapkan bagi perawat untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dengan respon yang cepat sehingga tercipta perawat yang handal dan professional serta secara rutin menjaga kebersihan ruangan dan toilet/WC agar pasien merasa nyaman serta mendapatkan kepuasan baik terhadap pasien Jamkesmas maupun Non Jamkesmas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/18/051301421
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Feb 2013 14:32
Last Modified: 28 Feb 2013 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123461
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item