Hubungan Respond Time Trepanasi Hematoma Intraserebral pada Cedera Kepala Berat dengan Outcome.

Kendra, GradyAdrianDwi (2013) Hubungan Respond Time Trepanasi Hematoma Intraserebral pada Cedera Kepala Berat dengan Outcome. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Intracerebral hematome (ICH) atau pendarahan intraserebral terjadi ketika adanya pendarahan di dalam jaringan otak. Dengan pendarahan kurang lebih sekecil 5 cc sudah dapat menyebabkan tanda-tanda dan gejala neurologis yang sangat merugikan. Manajemen penanganan dari ICH ini dapat mencakup dari intervensi medis dan bedah untuk mengatasi pendarahan tersebut sesuai pada ukuran dan lokasi pendarahan. Pada ICH dengan ukuran besar respon waktu operasi memegang peranan penting dalam outcome pasien. Tujuan: Mencari hubungan antara respon time trepanasi dengan outcome pasien ICH (meninggal/hidup) serta mencari cut off point waktu terbaik untuk dilakukannya trepanasi. Metode: Studi observasional analitik retrospektif dilakukan pada 33 pasien ICH pos trepanasi baik dengan outcome meninggal maupun hidup, untuk kemudian dievaluasi hubungan antara response time trepanasi dengan outcome pasien. Uji korelasi Spearman digunakan untuk menganalisis hubungan antara kedua variabel, dan uji ROC digunakan untuk mencari waktu terbaik dilakukannya trepanasi. Hasil: 33 pasien ICH pos trepanasi dengan rentang usia 21-40 tahun, dengan usia rata-rata 33.64 tahun, memiliki outcome 13(39,4%) pasien hidup dan 20(60,6%) pasien meninggal. rata-rata respon time trepanasi pada pasien dengan outcome hidup adalah 27.92 jam dan 32.75 jam untuk pasien dengan outcome meninggal. tidak terdapat hubungan atau korelasi yang bermakna antara waktu respon trepanasi dengan outcome pasien ICH (p = 0.800), dan cut off point waktu terbaik trepanasi adalah <17 jam. Kesimpulan: Meskipun terdapat tendensi lebih lamanya respon time trepanasi pada pasien ICH yang meninggal namun tidak terdapat korelasi bermakna antara waktu trepanasi dengan outcome pasien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/155/051302746
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Apr 2013 14:05
Last Modified: 19 Oct 2021 04:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123434
[thumbnail of FULL_TEXT.pdf]
Preview
Text
FULL_TEXT.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item