Gambaran Pola Umum Sidik Jari Pasien Diabetes Melitus Tipe Ii Dibandingkan Dengan Kelompok Kontrol

Rahma, Annisa (2013) Gambaran Pola Umum Sidik Jari Pasien Diabetes Melitus Tipe Ii Dibandingkan Dengan Kelompok Kontrol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sidik jari dapat digunakan sebagai media untuk mendeteksi awal beberapa penyakit, termasuk Diabetes Mellitus tipe II yang diturunkan secara genetik. Pembentukan pola sidik jari dan faktor pertumbuhan pankreas dipengaruhi oleh lingkungan intra uterin. Gen Hedgehog morphogen memegang peranan penting selama proses embryogenesis yang dapat mempengaruhi pembentukan pankreas dan pembentukan pola sidik jari seseorang. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui gambaran pola umum sidik jari antara pasien diabetes mellitus tipe II dan kelompok kontrol dengan jumlah sampel yang sama,yaitu 50 partisipan masing- masing kelompok. Studi ini menggunakan deskriptif analitik dengan metode potong lintang. Sampel sidik jari yang diambil adalah sidik jari kesepuluh jari tangan partisipan. Hasil analisa data menunjukan pola loop muncul sebagai pola dominan yang diikuti oleh whorl, dan arch. Analisa chisquare menunjukan nilai p< 0.005 dan r < 0.500, yang berarti memiliki korelasi namun hubungannya tidak kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/149/051302740
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Apr 2013 09:26
Last Modified: 19 Oct 2021 04:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123428
[thumbnail of NASKAH_TUGAS_AKHIR.pdf]
Preview
Text
NASKAH_TUGAS_AKHIR.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item