Ekstrak Etanol Rimpang Kencur (Kaempferia galanga Linn) sebagai Antimikroba terhadap Bakteri Salmonella Typhi secara in Vitro.

Rahmah, RA (2013) Ekstrak Etanol Rimpang Kencur (Kaempferia galanga Linn) sebagai Antimikroba terhadap Bakteri Salmonella Typhi secara in Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salmonella Typhi adalah salah satu patogen penyebab penyakit demam tifoid di Indonesia. Salmonella Typhi dilaporkan sudah mengalami resisten terhadap beberapa obat antimikroba sehingga perlu dilakukan penelitian untuk menemukan alternatif terapi lain. Alternatif terapi adalah menggunakan bahan alami sebagai bahan antimikroba, yaitu rimpang kencur (Kaempferia galanga Linn). Kandungan aktif rimpang kencur yang diduga bermanfaat sebagai antimikroba adalah saponin, dan minyak atsiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi antimikroba ekstrak etanol rimpang kencur (Kaempferia galanga Linn) terhadap Salmonella Typhi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan post test only control group design, menggunakan metode difusi disk untuk menentukan KHM dan metode dilusi agar untuk menentukan KBM. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Salmonella Typhi yang diperoleh dari Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang. Konsentrasi ekstrak etanol rimpang kencur yang digunakan yaitu 15%, 17,5%, 20%, 22,5% dan 25% dengan empat kali pengulangan. Hasil penelitian dengan metode difusi disk menunjukkan KHM pada konsentrasi ekstrak 17,5% dengan diameter hambat 13mm, dan metode dilusi agar menunjukkan KBM pada konsentrasi ekstrak 25%. Hasil uji statistik Kruskal Wallis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada perubahan konsentrasi esktrak etanol rimpang kencur (Kaempferia galanga Linn) terhadap pertumbuhan Salmonella Typhi (p < 0,05). Uji statistik Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat penurunan jumlah koloni Salmonella Typhi yang signifikan seiring dengan peningkatan dosis ekstrak etanol rimpang kencur (Kaempferia galanga Linn). Uji korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan yang erat antara konsentrasi ekstrak dengan pertumbuhan bakteri (Korelasi, r = -0,982; p < 0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu ekstrak etanol rimpang kencur (Kaempferia galanga Linn) mempunyai pengaruh sebagai antimikroba terhadap Salmonella Typhi dengan kadar hambat minimum (KHM) 17,5% dan kadar bunuh minimum (KBM) 25%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/130/051302721
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Apr 2013 11:03
Last Modified: 19 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123407
[thumbnail of FULL_TEXT_2003.pdf]
Preview
Text
FULL_TEXT_2003.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item