Ekstrak Etanol Daun Kersen (Muntingia calabura) sebagai Antimikroba terhadap Bakteri Salmonella Typhi Secara In Vitro

Rusmayanti, NoviaLucy (2013) Ekstrak Etanol Daun Kersen (Muntingia calabura) sebagai Antimikroba terhadap Bakteri Salmonella Typhi Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salmonella Typhi adalah bakteri batang gram negatif penyebab demam tifoid yang menjadi endemik di daerah tropis seperti Indonesia. Angka mortalitas pada penyakit demam tifoid cukup tinggi sekitar 2,3-16,8%. Namun, Salmonella Typhi telah resisten terhadap beberapa antimikroba sehingga diperlukan alternatif terapi. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah bahan alami, yaitu daun kersen (Muntingia calabura). Kandungan aktif daun kersen yang diduga bermanfaat sebagai antimikroba adalah polifenol, flavonoid, saponin dan tannin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun kersen (Muntingia calabura) sebagai antimikroba terhadap bakteri Salmonella Typhi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik secara in vitro, menggunakan metode dilusi tabung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Salmonella Typhi yang diperoleh dari laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang. Konsentrasi ekstrak etanol yang digunakan yaitu 4%, 6%, 8%, 10%, 12% dan 14% dengan tiga kali perulangan. Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM) yang didapat adalah 14% Hasil uji statistik One Way Anova menunjukkan perbedaan yang signifikan pada perubahan konsentrasi ekstrak daun kersen (Muntingia calabura) terhadap jumlah koloni Salmonella Typhi (p<0,05). Uji korelasi Pearson menunjukkan adanya korelasi yang sangat kuat antara konsentrasi ekstrak dengan jumlah koloni bakteri (r=-0,984;p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun kersen (Muntingia calabura) efektif sebagai antimikroba terhadap bakteri Salmonella Typhi secara in vitro.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/104/051302695
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Apr 2013 10:31
Last Modified: 19 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123379
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item