Pontensi Jeruk Kikit (Triphasia trifolia) Sebagai Insektisida Berdasarkan Lethal Concentration 100 (LC 100) Pada Nyamuk Aedes sp. Dewasa Pada Jumlah Waktu Tertentu Menggunakan Metode Semprot.

Zahba, IzzulHaziq (2013) Pontensi Jeruk Kikit (Triphasia trifolia) Sebagai Insektisida Berdasarkan Lethal Concentration 100 (LC 100) Pada Nyamuk Aedes sp. Dewasa Pada Jumlah Waktu Tertentu Menggunakan Metode Semprot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aedes sp. dapat bertindak sebagai vektor untuk banyak penyakit karena kemampuannya untuk menyebabkan kondisi medis yang serius. Salah satu metode untuk memerangi vektor ini adalah insektisida. Penggunaan tanaman sebagai bioinsektisida memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Jeruk kikit (Triphasia trifolia) mengandung coumarin dan limonene yang diperkirakan memiliki potensi sebagai insektisida. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pontensi jeruk kikit (Triphasia trifolia) sebagai insektisida berdasarkan Lethal Concentration 100 (LC 100) pada nyamuk dewasa Aedes sp. Penelitian ini merupakan desain experimental yang menggunakan kelompok kontrol. Total sampel yang digunakan adalah 625 nyamuk Aedes sp. dan 25 ekor digunakan untuk setiap perlakuan diulang 5 kali. Penelitian ini menggunakan tiga konsentrasi yang berbeda ekstrak jeruk kikit (5%, 10% dan 20%), kontrol positif (Malathion 0, 28%) dan kontrol negatif (air) pada nyamuk Aedes sp. untuk jangka waktu 24 jam. Dari uji korelasi Pearson ditemukan bahwa ada hubungan ekstrak ekstrak jeruk kikit dan kematian Aedes sp. Berdasarkan dari analisis, konsentrasi jeruk kikit yang berbeda memberikan efek insektisida yang berbeda (Post Hoc Tuckey p <0,05). 20% konsentrasi ekstrak jeruk kikit memiliki potensi insektisida lebih tinggi dibandingkan dengan 10% dan konsentrasi 5%. Berdasarkan itu, 20% konsentrasi ekstrak jeruk kikit telah diambil sebagai konsentrasi terbaik yang mempunyai potensi seperti Malathion 0.28%. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa konsentrasi ekstrak jeruk kikit memang memiliki potensi sebagai insektisida yang cukup terhadap Aedes sp. tetapi tidak mampu untuk menggantikan Malathion 0.28%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2013/100/051302691
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 26 Apr 2013 10:10
Last Modified: 19 Oct 2021 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123375
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item