Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Penyakit Menular Seksual dengan Perilaku Seksual Pra Nikah pada Anak Jalanan di Rumah Singgah Kota Malang.

Putri, DeviSeptyaning (2012) Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Penyakit Menular Seksual dengan Perilaku Seksual Pra Nikah pada Anak Jalanan di Rumah Singgah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena anak jalanan di Indonesia adalah isu yang memerlukan perhatian khusus dari semua elemen masyarakat Dari sekian jumlah anak jalanan, mereka memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lain, salah satunya adalah tingkat pendidikan. Tingkat pendidikan mempunyai pengaruh penting pada pengetahuan mereka, khususnya mengenai penyakit menular seksual. Pengetahuan adalah salah satu faktor pembentuk perilaku seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang penyakit menular seksual terhadap perilaku seksual pra nikah pada anak jalanan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan populasi adalah anak jalanan di rumah singgah kota Malang. Sampling diambil secara total sampling dan didapatkan 30 responden. Variabel penelitian ini adalah tingkat pengetahuan tentang penyakit menular seksual dan perilaku seksual pra nikah. Pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner pada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapar hubungan antara tingkat pengetahuan tentang penyakit menular seksual dengan perilaku seksual pra nikah pada anak jalanan di kota Malang ( Chi Square , p value=0.019, α =0.05, p value < α ). Jadi semakin tinggi tingkat pengetahuan anak jalanan tentang penyakit menular seksual akan memperkecil/menjauhkan mereka dari perilaku seksual pra nikah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian kualitatif dengan menggunakan instrument yang sesuai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/5/051204796
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Dec 2012 11:03
Last Modified: 19 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123368
[thumbnail of 051204796.pdf]
Preview
Text
051204796.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item