Pengaruh Crude Pili Mycobacterium tuberculosis (MTP) secara Subkutan Menggunakan Ajuvan IFA (INCOMPLETE FREUND’S ADJUVANT) Terhadap Jumlah Sel T CD8+ pada Mencit BALB/C.

Bakti, IlhamEP (2013) Pengaruh Crude Pili Mycobacterium tuberculosis (MTP) secara Subkutan Menggunakan Ajuvan IFA (INCOMPLETE FREUND’S ADJUVANT) Terhadap Jumlah Sel T CD8+ pada Mencit BALB/C. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tuberkulosis (TB) adalah salah satu penyakit infeksi paru yang menjadi permasalahan kesehatan global, temasuk di Indonesia. Salah satu metode pencegahan TB adalah penggunaan vaksin BCG. Namun, diketahui bahwa BCG memiliki tingkat keberhasilan yang bervariasi antara 0-80%. Penelitian menunjukkan bahwa Mycobacterium tuberculosis (MTB) memproduksi pili yang memiliki sifat imunogenik. IFA adalah ajuvan berbasis emulsi minyak yang terdiri dari paraffin oil dan mannide monooleate sebagai surfaktan. Sel T CD8+ memiliki peran penting dalam keberhasilan sistem pertahanan tubuh terhadap MTB. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh crude pili MTB dengan IFA yang diberikan secara subkutan terhadap jumlah sel T CD8+ pada organ paru, limpa, dan darah mencit. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian post test control group design. Sampel terdiri dari 18 ekor tikus yang dibagi dalam 3 kelompok perlakuan, perlakuan I kontrol negatif (PBS), perlakuan II (crude pili), dan perlakuan III (crude pili + ajuvan). Variabel yang diukur adalah jumlah sel T CD8+ dalam bentuk prosentase dari total sel limfosit pada organ paru, limpa, dan darah mencit setelah 2 kali dilakukan perlakuan dengan interval 2 minggu. Hanya didapatkan data dari 3 ekor mencit pada penelitian ini dan didapatkan hasil bahwa tidak terjadi peningkatan jumlah sel T CD8+ yang signifikan pada masing masing perlakuan berdasarkan uji statistik ANOVA dan independent T-test (p>0,05). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa vaksinasi crude pili MTB yang diberikan secara subkutan sebagai vaksin tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan dari sistem imun sel T CD8+ pada organ paru, limpa, dan darah mencit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/422/051302652
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Apr 2013 10:45
Last Modified: 19 Oct 2021 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123347
[thumbnail of FULL_TEXT.pdf]
Preview
Text
FULL_TEXT.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item