Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya School Phobia Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 tahun) Di TK Restu dan Anak Saleh Malang.

Sadi, DienaFithriana (2012) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya School Phobia Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 tahun) Di TK Restu dan Anak Saleh Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

School phobia merupakan suatu ketakutan emosional yang menyebabkan anak menjadi sangat takut untuk berangkat sekolah yang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor kondisi fisik, urutan kelahiran, inteligensi, lingkungan sekolah, dan pola asuh. School phobia apabila tidak segera diatasi dapat menyebabkan kondisi yang tidak sehat bagi perkembangan mental, sosial, intelektual dan perkembangan anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor mana dari faktor internal dan eksternal tersebut yang paling mempengaruhi terjadinya school phobia pada anak usia prasekolah di TK Restu dan Anak Saleh Malang. Rancangan penelitian ini adalah analisis observasional dengan pendekatan cross sectional study . Teknik pengambilan data dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah responden 139 anak. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah kuesioner dan lembar observasi. Dari hasil pengolahan data menggunakan uji statistik Spearman Rank pada SPSS for windows 16 dengan taraf signifikansi 95% (α = 0,05) diperoleh nilai korelasi positif sebesar 0,324 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara pola asuh dengan school phobia sedangkan faktor kondisi fisik, urutan kelahiran, inteligensi dan lingkungan sekolah tidak terdapat hubungan yang bermakna karena p-value dari masing-masing faktor tersebut lebih besar dari nilai α. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagi orang tua untuk memperhatikan kondisi anak baik fisik, mental dan sosial dalam memperkenalkan dunia sekolah sebagai salah satu persiapan anak serta dapat meningkatkan peran serta tenaga pengajar dalam mengantisipasi dan menanggulangi terjadinya school phobia .

English Abstract

School phobia is an emotional fear causing children fear to go to school that can be influenced by some factors, external or internal. The factors such as physical condition, birth order, intelligence, school environment, and care pattern. If school phobia does not overcome, it can cause unhealthy condition of children’s mental, social, and intellectual development. The research done to know of which the greatest influence, either internal or external factors at Restu Kindergarten and Anak Saleh Malang Kindergarten. The design of the research is observational analysis with cross sectional approach. The data collection use purposive sampling with 139 respondents. The instrument used to collect data is questionnaire and observation sheets. Based on the data analysis by Spearman Rank at SPSS For Windows 16 with 95% significance level ( =0.05) obtained positive correlation value of 0.324, and have significance level of 0.000 (p<0.05). The research conclusion is there is significant relation between care pattern with school phobia, while physical condition, birth order, intelligence, and school environment do not have significant relation to school phobia because the p-value of each factor more than . From the result of research, it is expected it can be used as a description for parents to consider the children condition, either physic, mental, and social in introducing the school world as one of children preparation and to improve the role of teacher in anticipating and overcoming the school phobia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/382/051300892
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Feb 2013 14:15
Last Modified: 19 Oct 2021 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123306
[thumbnail of 051300892.pdf]
Preview
Text
051300892.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item