Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Model Kooperatif Jigsaw dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SMKN 3 Blitar Tentang Seks Bebas.

Rachmawati, Dewi (2012) Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Model Kooperatif Jigsaw dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SMKN 3 Blitar Tentang Seks Bebas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku seks bebas dikalangan remaja cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu upaya pencegahan atau penangulangan seks bebas adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan . Agar memperoleh hasil yang maksimal maka diperlukan pemilihan metode pendidikan yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan model kooperatif jigsaw dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan siswa SMKN 3 Blitar tentang seks bebas. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy-experiment dengan metode nonequivalent control group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa SMKN 3 Blitar yang dipilih dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling untuk dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pendidikan kesehatan model kooperatif jigsaw (n=45) dan kelompok kontrol dengan pendidikan kesehatan metode ceramah (n=45). Variabel yang diukur adalah perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan model kooperatif jigsaw dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang seks bebas. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t tidak berpasangan dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan nilai signifikansi 0,009. Disimpulkan ada perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan model kooperatif jigsaw dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang seks bebas. Sehingga disarankan kepada petugas kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan dengan metode bervariasi agar diterima oleh peserta didik dengan baik sebagai upaya pencegahan masalah kesehatan serta untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan kesehatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/378/051300307
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Feb 2013 13:43
Last Modified: 19 Oct 2021 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123302
[thumbnail of 051300307.pdf]
Preview
Text
051300307.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item