Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian dalam Pemenuhan Activity Daily Living(ADL) di Kampung Karang Werdha Puntodewo 1 Kelurahan Bunulrejo Malang.

Hidayati, Zakiah (2012) Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian dalam Pemenuhan Activity Daily Living(ADL) di Kampung Karang Werdha Puntodewo 1 Kelurahan Bunulrejo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemandirian lansia dapat dilihat dari kualitas mental dan kualitas hidup yang dinilai dari kemampuan lansia dalam melakukan pemenuhan Activity Daily Living (ADL). Salah satu kriteria lansia yang mandiri adalah dapat mengaktualisasikan diri. Hal yang mempengaruhi kemandirian lansia yaitu usia, immobilitas, mudah jatuh, dukungan keluarga, dan gizi buruk. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian dalam pemenuhan Activity Daily Living (ADL). Desain penelitian adalah Cross Sectional yang dilakukan pada lansia wanita sebanyak 49 orang. Sampel dipilih dengan cara total sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data penelitian dikumpulkan dengan cara wawancara. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat. Analisa univariat digunakan untuk menganalisa karakteristik responden (usia, tingkat pendidikan dan pekerjaan). Sedang analisa bivariat untuk menganalisa hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian dalam pemenuhan Activity Daily Living (ADL). Dari analisis data menggunakan Spearman Rank didapatkan bahwa ada hubungan yang ditunjukan melalui uji statistik spearman rank dengan nilai p=0,001 (<α=0,05) dan r= (r= 0,472) yang menunjukkan korelasi tingkat sedang dan arah korelasi positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik dukungan keluarga, maka semakin baik juga kemandirian lansia dalam pemenuhan kebutuhan ADL. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar lebih memperhatikan faktor perancu lain, seperti usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan kondisi ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2012/1/051204792
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Dec 2012 12:05
Last Modified: 22 Oct 2021 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123236
[thumbnail of fulltext_TA_Zakiah_Hidayati.pdf]
Preview
Text
fulltext_TA_Zakiah_Hidayati.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item