Pembingkaian Berita Di Media Online (Analisis Framing atas Pemberitaan tentang Basuki Tjahaja Purnama dalam Menertibkan Kawasan Kalijodo di Kompas.com dan Jawapos.com pada Bulan Februari 2016)

Awaludin, Asef (2017) Pembingkaian Berita Di Media Online (Analisis Framing atas Pemberitaan tentang Basuki Tjahaja Purnama dalam Menertibkan Kawasan Kalijodo di Kompas.com dan Jawapos.com pada Bulan Februari 2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media memiliki peran penting dalam menyalurkan informasi kepada khalayak. Dalam proses penyalurannya, media melakukan pembingkaian realitas dengan memasukan makna dan tujuan tertentu sesuai dengan kepentingan dan ideologi yang dianutnya. Salah satunya adalah tindakan Basuki Tjahaya Purnama dalam menertibkan Kalijodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media melakukan konstruksi realitas terhadap tindakan Basuki Tjahaja Purnama dalam menertibkan kawasan Kalijodo melalui portal berita Kompas.com dan Jawapos.com. Penelitian ini menggunakan analisis framing dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan analisis framing Robert N.Entman yang menekankan pada problem identification, causal interpretation, moral evaluation dan treatment recommendation. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan Kompas.com dan Jawapos.com lebih memfokuskan pada ‘siapa yang dipersalahkan’ dan mengesampingkan penyelesaian masalahnya. Kedua media ini cenderung memihak salah satu sisi dan memberikan penekanan terhadap tindakan yang dapat dijadikan sebagai pemicu masalah. Dalam pemberitaannya, Kompas.com berusaha membangun frame bahwa tindakan Basuki Tjahaja purnama dalam menertibkan kawasan Kalijodo berlandaskan pada penegakan hukum, sehingga memposisikan warga Kalijodo dalam posisi bersalah. Sebaliknya, pemberitaan Jawapos.com mendukung tindakan warga Kalijodo dengan melihatnya dari berbagai sudut pandang dan diperkuat oleh narasumber yang memiliki kredibilitas tinggi. Hal ini terlihat melalui frame pemberitaan kedua media online melalui pemilihan kata, pemilihan narasumber, pengutipan pesan, serta penggunaan foto pemberitaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/99/051701586
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 16 Mar 2017 09:14
Last Modified: 22 Oct 2021 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123222
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item