Marketing Politik Pasangan Sehat (Setiyono – Raharto Teno Prasetyo) Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Pasuruan 2015.

Rahayu, NgasihTri (2016) Marketing Politik Pasangan Sehat (Setiyono – Raharto Teno Prasetyo) Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Pasuruan 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada pemilukada serentak tahap pertama yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015, Kota Pasuruan menyelenggarakan Pemilukada langsung sebagai bentuk perwujudan dari demokrasi. Pemilukada tersebut diikuti oleh tiga pasangan calon, antara lain Yus Syamsul Hadi Subakir dan Agus Wibowo (Pasangan Iya), Setiyono dan Raharto (Pasangan sehat), dan Hasani dan M. Yasin (Pasangan Berhasil). Pilkada tersebut pada akhirnya dimenangkan oleh Pasangan Setiyono dan Raharto (Pasangan Sehat). Kemenangan Pasangan sehat menarik untuk dikaji, hal ini dikarenakan prosentasi partisipasi masyarakat Kota Pasuruan menduduki posisi tertinggi di Jawa Timur dengan perolehan sebanyak 79.61%. Maka dari itu, penulis melakukan penelitian strategi marketing politik Pasangan Sehat (Setiyono – Raharto Teno Prasetyo) dalam Pemilukada Kota Pasuruan Tahun 2015. Penelitian kualitatif ini menggunakan konsep marketing politik 4Ps menurut Niffenneger dalam menganalisis strategi yang digunakan Pasangan sehat. Strategi marketing politik 4Ps Pasangan sehat tersebut antara lain mencakup Pertama, produk politik (product) yang terdiri dari, platform partai-partai koalisi hebat, past record Setiyono dan Raharto, dan karakteristik personal Pasangan Sehat. Kedua, Promosi (promotion) yang terdiri dari advertising, event debat, sosialisasi langsung, dan kampanye akbar dengan artis. Ketiga, harga (price) yang terdiri dari biaya ekonomi, biaya psikologi, dan efek image nasional. Keempat, tempat (place) yang terdiri dari pendekatan personal masyarakat seperti di daerah pelabuhan dan daerah rawan bencana, dan program volunteer. Selain itu segmentasi juga hal yang harus ditentukan oleh Pasangan Sehat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa strategi yang digunakan Pasangan sehat mampu membuat masyarakat memberikan dukungannya. Pasangat Sehat didukung oleh Koalisi Hebat yang terdiri dari beberapa partai minoritas yang mendukungnya. Selain itu, promosi yang dilakukan Pasangan sehat mampu diterima masyarakat dan tepat sasaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/83/051701379
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Feb 2017 10:32
Last Modified: 22 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123205
[thumbnail of skripsi_ngasih_tri_rahayu_full_draft.pdf]
Preview
Text
skripsi_ngasih_tri_rahayu_full_draft.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item