Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Perspektif New Public Service Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Malang (Studi Kasus Di Kelurahan Purwantoro Dan Kelurahan Kiduldalem)

Hawazun, Mokhammad (2016) Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Perspektif New Public Service Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Malang (Studi Kasus Di Kelurahan Purwantoro Dan Kelurahan Kiduldalem). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan terobosan pelayanan administrasi kependudukan yang di lakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dengan meletakan pelayanan tersebut di kelurahan dengan mengambil studi kasus di Kelurahan Kiduldalem dan Kelurahan Purwantoro berdasarkan perbandingan jumlah penduduk yang berdampak pada animo masyarakat, uji coba pelayanan, dan pola pikir masyarakat. Adapun pelayanannya meliputi; Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Akta Kematian dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Alasan munculnya pelayanan tersebut diantaranya karena aksesbilitas, jarak tempuh, mengantri terlalu lama dan memangkas birokrasi. Salah satu contohnya adalah estimasi waktu penyelesaiannya dengan rata-rata 4-5 hari dalam mengurus dokumen kependudukan. Berbeda sebelum adanya terobosan tersebut yakni 14-30 hari dalam satu jenis pelayanan. Penelitian ini menggunakan teori New Public Service sebagai pisau analisis. Proses pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi pustaka. Adapun jenis penelitian yakni penelitian kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini bahwa pelayanan diantaranya tidak adanya diskriminasi pelayanna, masih terdapat percaloan, pelayanna berhenti ketika mati listrik atau ada ganggungan komputer atau pada jaringan internet, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, keterlibatan masyarakat belum optimal, adanya sistem kontrak pada OKP, terdapat penumpukan pelayanan, terutama di kelurahan dengan jumlah penduduk banyak seperti di Kelurahan Purwantoro dan komunikasi dan koordinasi yang kurang sempurna. Selanjutnya secara umum pelayanan tersebut mendekatkan kepada masyarakat.

English Abstract

This research is explain about a breakthrough of the population administration services from the Population and Civil Registration Office of Malang City by putting those services in some districts. This research will analyze two districts (Kiduldalem and Purwantoro District) based on the ratio of population impacting the public interest, testing services and public mindset. There are some population administration services that will be improved, such as: Birth Certificate, Family Card, a Death Certificate and Electronic Identity Card. The causes of making those services because of the accessibility, mileage, a long queue and for the effectiveness bureaucracy.One of the examples is the time estimate of working about 4-5 days long in registering civil documents after the improvement and 14-30 days long before the improvement. This research uses New Public Services Theory as the main analysis. The process of data collection has done by interview and literature study. The type of research that is qualitative. The result of this research included the absence of discrimination in services, brokering, the service stops when there is a power downs or lack of internet accessibility, lack of socialization to the community, community involment is not optimal, the control system on OKP, there is a buidup of srvice, especially in distrik with a high population like Purwantor and communication & coordination is far from perfect. Furthermore, the improvement of this service is made for the goodness of community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/7/051700360
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 Feb 2017 11:00
Last Modified: 22 Oct 2021 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123189
[thumbnail of Skripsi_Mokhammad_Hawazun_125120607111036.pdf] Text
Skripsi_Mokhammad_Hawazun_125120607111036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Jurnal_Skripsi.pdf] Text
Jurnal_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar_Persetujuan.pdf] Text
Lembar_Persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf] Text
Lembar_Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of PDF_Cek_Plagiasi.pdf] Text
PDF_Cek_Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item