Motif Penggunaan Website Informasi Berbasis User-Generated Content (Ugc) (Studi Kuantitatif Deskriptif Pada Pengguna Website Femaledaily.Com)

Rifani, GishaTara (2017) Motif Penggunaan Website Informasi Berbasis User-Generated Content (Ugc) (Studi Kuantitatif Deskriptif Pada Pengguna Website Femaledaily.Com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi internet berbasis web 2.0, yang mendorong kemunculan media berbasis user-generated content (UGC) sebagai media pemenuh kebutuhan baru. Perbedaan karakteristik disertai adanya fitur serta fasilitas yang terdapat pada media ini menimbulkan motif yang berbeda-beda pada setiap penggunanya. Karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis motif yang mendasari pengguna FemaleDaily.com sebagai salah satu website informasi berbasis UGC dalam mengakses media ini. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan aplikasi teori uses and gratifications 2.0 sebagai kerangka kerja, dengan menggunakan indikator motif berdasarkan aktivitas pada media berbasis UGC yang diadopsi dari jurnal penelitian Shao (2008). Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa survei yang dilakukan pada 100 orang sampel responden dari seluruh Indonesia. Hasil survei tersebut kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif dominan pada penggunaan website informasi berbasis UGC FemaleDaily.com berada pada motif virtual communities pada aktivitas partisipasi serta motif information seeking pada aktivitas produksi dengan persentase masing-masing sebesar 16,1% dan 15,6%. Motif self-expression merupakan motif dominan pada aktivitas produksi dengan persentase 14,1%. Sementara, motif self-actualization memperoleh persentase terendah yakni sebesar 12%. Dalam penelitian ini juga ditemukan beberapa motif baru, di antaranya berupa motif curiosity, motif encouragement, motif specialty, motif ease of access, dan motif get help.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/68/051701364
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Feb 2017 08:41
Last Modified: 22 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123187
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item