Choirunnisa, Angga Rizky (2017) Persaingan Media Sosial di Malang (Analisis Teori Niche dalam Mengukur Persaingan Kepuasan Mahasiswa Pengguna Media Sosial Facebook, Twitter, dan Instagram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian mengenai kompetisi media sosial. Peneliti menggunakan kombinasi analisis Teori Niche dan Teori Uses and Gratifications untuk menganalisis persaingan media sosial berdasarkan kepuasan penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui kepuasan yang diperoleh pengguna media Facebook, Twitter, dan Instagram. Analisis kompetisi ketiga media sosial untuk memperebutkan pangsa pasar dihitung berdasarkan niche breadth, niche overlap, dan competitive superiority. Penelitian dari 90 mahasiswa dari tiga universitas negeri di Malang menunjukkan bahwa: 1). Pengukuran niche breadth mengindikasikan bahwa Twitter adalah media sosial yang generalis, 2). Perhitungan niche overlap menunjukkan bahwa Facebook dan Twitter adalah pasangan media sosial yang paling kompetitif, 3). Perhitungan competitive superiority mengindikasikan bahwa Twitter adalah media sosial yang paling superior dibandingkan Facebook dan Instagram.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/56/051701398 |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Feb 2017 14:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123174 |
Preview |
Text
SKRIPSI_PERSAINGAN_SOSIAL_MEDIA_DI_MALANG.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
JURNAL_ANGGA_RIZKY_C_125120200111079_ILMU_KOMUNIKASI.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |