Widisono, Adrian (2018) Pola Perilaku Anak Terhadap Aspek Interior Pos PAUD Vinolia Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perilaku anak menjadi suatu tolak ukur atau parameter perkembangan anak. Anak usia dini merupakan periode emas perkembangan anak atau biasa disebut dengan golden age karena pada usia tersebut anak mencapai perkembangan intelektual 50%. Perilaku anak dipengaruhi oleh lingkungan terutama saat anak melakukan kegiatan belajar dan bermain. Dalam suatu kegiatan belajar dan bermain Pos PAUD menurut pemerintah di perbolehkan menggunakan setting fisik yang berbeda salah satunya dalam objek penelitian menggunakan bangunan Balai RW. Penggunaan bangunan yang tidak sesuai dengan fungsinya ini berpengaruh terhadap pola perilaku anak yang terbentuk dari aspek interior di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pola perilaku anak yang dipengaruhi oleh aspek interior ruang dalam bangunan Balai RW. Dalam penelitian ini aspek interior yang sering berinteraksi dengan anak akan dikaji terkait dengan perilaku anak. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan untuk mengamati perilaku anak menggunakan metode person centered mapping dan place centered mapping. Pengamatan dimulai pengumpulan data fisik terkait aspek interior yang nantinya akan dianalisis dengan perilaku anak. Berdasarkan hasil penelitian memberikan suatu kecenderungan pola perilaku yang berbeda dari penggunan tempat belajar mengajar secara umum, sehingga suatu prasarana pendidikan yang berbeda dapat memberikan pola perilaku yang berbeda juga bagi pengguna. Hasil dari penelitian ini memberikan kecenderungan perilaku terhadap aspek interior dan memberikan rekomendasi desain dari perubahan pola perilaku tersebut.
English Abstract
Child behavior becomes a benchmark or parameter of child development. Early childhood is a golden period of child development or commonly referred to as golden age because at that age children achieve 50% intellectual development. Children's behavior is influenced by the environment, especially when children do learning and play activities. In a study and play according to the government allowed to use different physical settings one of them in the research object using hall building. The use of buildings that do not fit with this function affects the pattern of child behavior that is formed from the interior aspects in it. The purpose of this study is to know the behavior patterns of children who are influenced by the aspect of interior space in the building Hall. In this study the interior aspects that often interact with children will be studied related to the behavior of children. The method used is descriptive qualitative and to observe child behavior using method of centered mapping and place centered mapping. Observation begins the collection of physical data related aspects of the interior which will be analyzed with the behavior of children. Based on the results of the study gives a tendency of behavior patterns that are different from the use of teaching and learning in general, so that a different educational infrastructure can provide different patterns of behavior also for the user. The results of this study provide a tendency of behavior towards the interior aspects and provide design recommendations of changes in behavioral patterns.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/453/051805932 |
Uncontrolled Keywords: | Pola perilaku, Balai RW, aspek interior. Behavioral, Hall, interior aspect. |
Subjects: | 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.4 Child psychology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 06:33 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12294 |
Preview |
Text
Adrian Widisono.pdf Download (12MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |