Tren Penggunaan Aplikasi Go-Food Dalam Pemesanan Produk Ayam Olahan Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Saputra, Rylo Herdiansyah (2018) Tren Penggunaan Aplikasi Go-Food Dalam Pemesanan Produk Ayam Olahan Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beberapa tahun belakangan ini perkembangan dan kecanggihan teknologi terus berkembang dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. Hal ini berpengaruh terhadap perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini dipengaruhi oleh perkembangan dan kecanggihan teknologi, salah satunya adalah tren penggunaan gadget dan internet. Go-food merupakan layanan Go-jek yang melayani food delivery service di Indonesia. Sistem yang digunakan oleh Go-Food sudah modern dan juga merakyat karena selain aplikasi yang ditawarkan sangat lengkap mulai dari rincian menu makanan, foto makanan, harga, promo restoran, biaya ongkos kirim, identitas driver, alamat restoran, dan estimasi jarak tempuh dapat ditampilkan dalam satu aplikasi di handphone konsumen. Kebutuhan akan makanan khususnya produk ayam olahan di Kota Malang sangat tinggi peminatnya, hal ini didasari oleh produk ayam olahan adalah salah satu sumber makanan dengan nilai gizi yang baik, cita rasa yang enak dan dapat diterima oleh semua kalangan, serta harganya yang terjangkau. Tren penggunaan aplikasi Go-Food dalam pemesanan produk ayam olahan di Kota Malang saat ini dirasa sudah sangat tinggi sehingga perlu dilakukan penelitian tentang tren penggunaan aplikasi Go-Food di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian dilaksanakan di wilayah Universitas Brawijaya Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang dan pada restoran “Ayam Uleg Cak Abit” yang menjual produk ayam olahan sekaligus mitra Go-Food di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang pada tanggal 19 Februari 2018 sampai 20 Maret 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen Go-Food yang melakukan tren keputusan pembelian produk ayam olahan menggunakan aplikasi Go-Food, untuk mengetahui perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk ayam olahan menggunakan aplikasi Go-Food, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam tren pengambilan keputusan pembelian produk ayam olahan menggunakan aplikasi Go-Food di Kota Malang. Total sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 130 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu dilakukan kunjungan untuk pengumpulan data responden dengan menggunakan angket atau kuisioner untuk diolah menjadi suatu hasil analisis data. Penentuan responden menggunakan cara purposive sampling dan accidental sampling. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pada uji validitas nilai r hitung > r tabel (0,1723) artinya setiap indikator variabel adalah valid. Uji reliabilitas memiliki nilai alpha cronbach untuk semua variabel > 0,6 sehingga semua variabel yang digunakan untuk penelitian ini yaitu reliabel. Hasil nilai Kaiser–Meyer-Olkin (KMO), semua variabel > 0,50 (KMO > 0,50) maka nilai tersebut adalah signifikan. Berdasarkan uji asumsi klasik, hasil setiap uji sudah memenuhi syarat sehingga dapat dilanjutkan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, indeks kinerja driver Go-Food; indeks promosi Go-Food dan mitra Go-Food ; serta indeks sistem layanan Go-Food memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tren keputusan pembelian produk ayam olahan menggunakan aplikasi Go-Food di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Didapatkan persamaan regresi Y = 2,143 + 0,259 F1 + 0,682 F2 + 0,404 F3 + 0,209 F4 . Diperoleh nilai R Square sebesar 0,567 yang artinya tren keputusan pembelian melalui Go-Food dipengaruhi oleh empat indeks yaitu sebesar 56,7% sementara sisanya adalah sebesar 43,3% dipengaruhi oleh indeks lain diluar penelitian ini. Hasil perhitungan nilai F hitung > F tabel yaitu 14,035 > 1,87 atau nilai Sig. F (0,000) <

English Abstract

The research was conducted in Malang city. Research investigated the characteristics of consumers, the purchasing decision trend, and the factors that influence consumer purchasing behavior toward processed chicken products using Go-Food application in Malang City. The sample used in this research were 130 respondents who were Go-Food application users. Survey data were carried out during one month from February 19 to March 20, 2018 to obtain primary data. Secondary data were obtained by interviewing the staff of the restaurant. Sampling method used is purposive sampling method. Descriptive analysis, factors analysis and regression analysis were applied to analyze the data. Results of this research were first, characteristics of consumers who purchase processed chicken products using Go-Food applications were women between 19-26 years old with high school as their latest education and has income range from IDR 1,000,000 - IDR 2,000,000. The purchasing decision trend of processed chicken products using Go-Food applications in Malang City, more based on the effect of the use of Go-Food application trend in the previous year, than any other indicator such as satisfaction in purchasing; fast service needs; and a try. Consumer purchasing decision on processed chicken products using Go-Food applications were influenced mainly by free additional menu joining Go-Pay delivery promo and discount forming promotion factor of Go-Food and partners, then followed by cash on carry that joins the security service to forming the factor of service system of Go-Food, furthermore the standard operational procedures joining the appearance of drivers form the driver performance factor, female consumers into the last consideration.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/280/051805548
Uncontrolled Keywords: M-Commerce, Go-Food, ayam olahan. M-Commerce, Go-Food, processed chicken.
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.4 Social change > 303.48 Causes of change > 303.483 Development of science and technology > 303.483 3 Communicaton
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Oct 2018 01:59
Last Modified: 02 Dec 2021 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12290
[thumbnail of Rylo Herdiansyah S.pdf]
Preview
Text
Rylo Herdiansyah S.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item