Utama, RizkyEmirdhani (2016) Strategi Marketing Politik Partai Gerindra Dalam Memperoleh Dukungan Dari Masyarakat (Studi Pada Pilkada Dki Jakarta 2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing politik yang dilakukan oleh Partai Gerindra dalam mencari dukungan dari masyarakat, ditinjau dalam kerangka studi marketing politik. Penelitian ini memiliki fokus kepada tahapan pelaksanaannya terhadap sosialisasi dan pengembangan masa depan partai politik, aktivitas marketing politik atau kampanye politik yang memiliki waktu tidak terbatas merupakan agenda yang penting untuk dilakukan. Hal ini terkait untuk membangun image atau citra partai terhadap masyarakat secara keseluruhan karena citra baik terhadap Partai Gerindra yang dapat dibentuk, dibangun, dan diperkuat dengan melakukan politik pencitraan dari agenda-agenda disetiap kampanye politik yang dilaksanakan. Sedangkan marketing politik itu sendiri merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh Partai Gerindra dalam proses penyampaian pesan terhadap masyarakat yang memiliki implikasi terhadap politik dalam setiap aktivitas politik yang sedang dilakukan untuk menarik hati setiap hati masyarakat DKI Jakarta. Analisa dalam penelitian ini adalah menggunakan teori Marketing Politik Model Adman Nursal dan Marketing Politik Model Jennifer Lees-Marshment, karena di dalam proses marketing atau kampaye politik yang dilakukan setiap partai politik, kedua teori tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menjelaskan dalam bentuk narasi tentang bagaimana proses strategi marketing politik yang dilakukan Partai Gerindra dalam mencari dukungan dari masyarakat yang di DKI Jakarta pada khususnya dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Partai Gerindra melakukan proses marketing politik sebagai langkah sosialisasi dan menyebarkan ide maupun gagasan yang dimiliki. Dalam rangka mencari dukungan masyarakat DKI Jakarta, Partai Gerindra melakukan beberapa langkah melalui pembangunan Human Resource dan Support System lalu melaksanakan segmentasi untuk menetapkan target sasaran, yang kemudian akan mempengaruhi bagaimana posisi dan produk dari Partai Gerindra kedepannya. Partai Gerindra harus lebih cermat terkait penerapan agenda dikarenakan masih menemukan beberapa hambatan yang kemudian akan berdampak tidak baik terhadap loyalitas pemilih.
English Abstract
This thesis authors sought to discuss how political marketing strategy undertaken by Gerindra Party’s in seeking the support of the society, reviewed within the framework of political marketing studies. This research has focused on the stages of dissemination and implementation of the future development of political parties, political marketing activities or political campaigns have unlimited time an important agenda to do. This is related to building the image of the Gerindra Party’s that can be formed, built and reinforced by political imagery of the agenda in every political campaign is implemented. While political marketing itself is a way in which the Gerindra Party’s in the process of delivering a message to the society that has implications for politics in any political activity that is being done to attract the hearts of every heart the people of Jakarta. The analysis in this research is to use the theory of Political Marketing and Marketing Model Adman Nursal Politics Model Jennifer Lees-Marshment, because in the process of marketing or political campaigns are conducted every political party, both theories is very important to note and to do. This research is a qualitative descriptive to explain in the form of a narrative about how the process of political marketing strategies that do Gerindra in seeking the support of the community in Jakarta in Jakarta, especially in Gubernatorial Elections in 2017. Results from this thesis showed that Gerindra Party’s have the process of political marketing to socialize and disseminate ideas. In order to seek the support of the society of Jakarta, Gerindra Party’s taken several steps through the development of Human Resource and Support System and then implement segmentation to set the target, which in turn affects how the position and the product of Gerindra Party’s member future. Gerindra Party’s should be more closely related to the implementation of the agendas because they found some obstacles which will then affect either the loyalty of society support or society impact-ness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2016/279/ 051605330 |
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 10:11 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 10:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/122166 |
Actions (login required)
View Item |