Persepsi Tentang Store Atmosphere (Studi Pada Konsumen Kafe Rumah Opa Malang)

Yuliastuti, LelitaMarwindra (2016) Persepsi Tentang Store Atmosphere (Studi Pada Konsumen Kafe Rumah Opa Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Store atmosphere merupakan rancangan lingkungan berupa pesan secara fisik yang ditujukan kepada konsumen melalui komunikasi visual seperti pencahayaan, warna, musik dan aroma untuk merancang respon emosional dan perseptual pelanggan untuk mempengaruhi pelanggan dalam membeli barang. Melalui store atmosphere akan terbentuk sebuah persepsi konsumen yang berbeda dan akan memunculkan suatu respon. Respon itu sendiri dapat diwujudkan melalui suatu sikap untuk membeli atau yang biasa disebut keputusan pembelian. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari persepsi store atmosphere pada kosnumen. Penelitian ini menggunakan objek yaitu kafe di kota Malang dengan alasan bahwa bisnis kafe di kota Malang yang semakin pesat dan alasan orang mengunjungi kafe saat ini tidak hanya untuk makan dan minum, melainkan juga karena suasana kafenya yang nyaman untuk berkumpul, disamping kualitas makanan yang disajikan. Kafe yang dipilih peneliti berdasarkan hasil survey adalah kafe Rumah Opa Malang. Model teori yang sesuai dengan penelitian ini adalah teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R) yang menjelaskan bagaimana elemen lingkungan mempengaruhi keadaan internal individu dan tergambar pada perilaku individu tersebut. Dalam penelitian ini memposisikan store atmosphere (exterior (X1), general interior (X2), store layout (X3), interior displays (X4)) sebagai stimulus (S) yang akan diterima kemudian dievaluasi secara kognitif oleh individu sehingga menghasilkan suatu persepsi (O) yang mengakibatkan munculnya suatu respon (R). Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui koesioner dan wawancara serta dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen tentang store atmosphere (exterior (X1), general interior (X2), store layout (X3), interior displays (X4)) memiliki kecenderungan lebih tinggi (positif) pada responden.

English Abstract

Store atmosphere is the design environment physically in the form of a message addressed to the consumer through visual communication such as lighting, color, music and aroma to design emotional and perceptual response of customers to influence customers into buying goods. Through the store atmosphere will form a different consumer perception and would trigger a response. The response itself can be realized through an attitude to buying or so-called purchasing decisions. Therefore, this study aims to determine the effect on the perception of store atmosphere and impulsive purchasing decisions. This study uses the objects include a cafe in the town of Malang on the grounds that the cafe business in the city of Malang, which grew rapidly and the reason people visit the cafe today is not just to eat and drink, but also because of its cozy cafe atmosphere to gather, in addition to the quality of food served. Cafe selected researchers based on survey results as cafe house Opa Malang. In accordance with the theoretical model of this study is the theory Stimulus-Organism-Response (S-O-R), which describes how the elements of the environment affects the internal state of the individual and are reflected in the individual behavior. In this research, positioning store atmosphere (exterior (X1), general interior (X2), store layout (X3), the interior displays (X4)) as a stimulus (S) to be received and evaluated cognitively by individual resulting in a perception (O ) which resulted in the emergence of a response is an impulse purchase decisions (R). This research was quantitative data collection through questionnaires and interviews and analyzed using descriptive statistical analysis. The results of this study indicate that consumer perceptions about the store atmosphere (exterior (X1), general interior (X2), store layout (X3), the interior displays (X4)) have a higher tendency on the subject of research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2016/209/ 051604552
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Jun 2016 13:34
Last Modified: 24 Jun 2016 13:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/122088
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item