Hubungan Tingkat Sosialisasi Keluarga Terhadap Intensitas Perilaku Bullying (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo)

Prabawati, Hallanita (2016) Hubungan Tingkat Sosialisasi Keluarga Terhadap Intensitas Perilaku Bullying (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kekerasan (bullying) di sekolah merebak dan marak. Bullying merupakan bentuk agresivitas antar siswa yang memiliki dampak paling negatif bagi korbannya yang dilakukan secara individu atau secara kelompok. Keluarga yang mempunyai peran penting untuk mengurangi angka kekerasan dalam mendidik anak agar berperilaku sesuai norma dan nilai yang telah ada di masyarakat. Remaja ini dikenalkan adanya proses sosialisasi pada keluarga agar remaja tidak mudah terpengaruh dengan cara salah dalam memilih teman atau kelompok teman sebaya. Kelompok teman sebaya merupakan individu yang membentuk suatu kategori tidak berinteraksi ataupun memperhitungkan satu sama lain. Tempat penelitian ini adalah para siswa yang sering melakukan perilaku bullying secara verbal. Metode dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan teknik analisa data korelasi Rank Kendall dan Parsial Rank Kendall bertujuan untuk melihat kemurnian hubungan antara 2 variabel, variabel bebas (tingkat sosialisasi keluarga) dan variabel terikat (intensitas perilaku bullying) dengan menjaga konstan pengaruh variabel antara (kelompok teman sebaya). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi (r hitung) Rank Kendall (0,041). Sehingga nilai signifikan < yang artinya nilai koefisien korelasi x dan y 0,161 menunjukan koefisien korelasi yang positif maka Ho ditolak artinya ada hubungan tingkat sosialisasi keluarga terhadap intensitas perilaku bullying pada siswa yang juga dipengaruhi oleh intensitas hubungan kelompok teman sebaya dan kekuatan hubungan sangat lemah. Pada variabel z sebagai variabel penekan menunjukan hasil nilai korelasi xy.z sebesar 0,250 dengan begitu intensitas hubungan kelompok teman sebaya (peer group) terbukti memiliki hubungan terhadap intensitas perilaku bullying pada siswa. Hal ini menunjukan bahwa tingkat sosialisasi keluarga yang tinggi akan membuat intensitas perilaku bullying pada siswa yang rendah yang juga bisa dipengaruhi oleh intensitas hubungan kelompok teman sebaya (peer group). Menjaga keakraban maka tidak melihat kepribadian atau tingkah laku.

English Abstract

Violence (bullying) at the school has been boom and expressed in many. Bullying is a form of aggressiveness between various way have the least negative for his victims made officially or in group. Families have a important role to reduce number of violence in educating children by conforming their behavior to a norm and value in the community. Childern introduced the process of socialization in family to make teenagers focused on affected by means of wrong in choose my friends or peers group. Peer group constitute an individual forming a category not interact or take into one another. This research students which often does behavior bullying verbally. The method in this research is quantitative method with data analysis techniques correlation Kendall and partial Rank Kendall which aims to degcribe the purity of the relationship between two variables, independent variables (degree of socialization family) and dependent variable (the intensity of bullying behavior) to maintain a constant effect of variable interval (peer group). The result of this research suggests that the value of a correlation coefficient (r count) Rank Kendall (0,041). So that the correlation significant and which means of a correlation coefficient x and y 0,161 showed a correlation coefficient positive this ho rejected that is relations socialization families to the intensity behavior bullying on the kids who also affected by close relationship between the their peers and relations power very weak. On the z factor variable between showed the correlation value xy.z of 0,250 so close relationship between peer group possessing connection against intensity bullying behavior. This suggests that the family the high behavior make intensity bullying low who can also affected by close relationship between the their (peer group). It keeps familiarity in personality or mannerisms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2016/190/ 051604110
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 13 Jul 2016 14:47
Last Modified: 13 Jul 2016 14:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/122067
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item