Penggunaan Bahasa Daerah Dan Perilaku Memilih (Studihubungan Penggunaan Bahasa Malangan Dan Kampanye Dalam Pilkada Kabupaten Malang Tahun 2015)

Dewi, AlicaNugraha (2016) Penggunaan Bahasa Daerah Dan Perilaku Memilih (Studihubungan Penggunaan Bahasa Malangan Dan Kampanye Dalam Pilkada Kabupaten Malang Tahun 2015). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan dan eksistensi bahasa daerah di Indonesia sangatlah penting sebagai identitas suatu daerah dan juga sebagai media komunikasi.Kabupaten Malang memiliki bahasa daerah yaitu bahasa malangan yang memiliki kedudukan sangat kuat di masyarakat kabupaten Malang. Para peserta Pilkada dapat memanfaatkan kedudukan bahasa malangan yang kuat tersebut untuk membuat suatu ikatan emosional dengan masyarakat agar masyarakat merasa akrab dan mengenal baik para peserta Pilkada tersebut, sehingga Kabupaten Malang dijadikan sebagai tempat penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan bahasa malangan terhadap perilaku memilih masyarakat. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang menggunakan sampel sebanyak 100 responden masyarakat Kabupaten Malang dengan penyebaran sampel menggunakan teknik Cluster Sampling,metode pengambilan data menggunakan teknik kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu frekuensi, crosstabulation dan uji chi – square.Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan bahasa daerah saat kampanye oleh peserta Pilkada tidak mempengaruhi perilaku memilih responden, hal tersebut disebabkan responden lebih mengutamakan visi, misi dan track record peserta Pilkada.Selain itu responden lebih menyukai kampanye dengan bahasa malangan hanya karena lebih mudah dimengerti oleh responden.

English Abstract

The existence of a local language in Indonesia is important as an identity to a region and a communication tool. Malang regency has a local language which called “Bahasa Malangan” and has strong position to people in Malang regency. Bahasa malangan have the advantage to create an emotional bond with the community so that people feel familiar with the participant of the local head election. Malang regency is selected as a place of the research with the aim to see the correlation of the use bahasa malangan against public voting behavior. This research used a quantitative descriptive method with a sample of 100 respondents by spreading the sample using cluster sampling technique, questioner and literature is a method of data collection. The result of this research shows there will be no impact used a bahasa malangan at a campaign for public voting behavior because the respondent prefer to vision, mission and track record from the participant of local head election. Apart from that respondents is prefer a campaign with bahasa malangan because more easily understood.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2016/131/ 051603758
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Jun 2016 10:49
Last Modified: 29 Jun 2016 10:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/122003
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item