Strategi Komunikasi Politik Lingkaran Survei Indonesia Dalam Meningkatkan Elektabilitas Jokowi-Jk Dalam Satu Bulan Terakhir Sebelum Pemilihan Presiden 2014

Pratama, FebriGaluh (2015) Strategi Komunikasi Politik Lingkaran Survei Indonesia Dalam Meningkatkan Elektabilitas Jokowi-Jk Dalam Satu Bulan Terakhir Sebelum Pemilihan Presiden 2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Political marketing adalah metode pendekatan marketing yang digunakan dalam aktivitas politik dalam rangka memperoleh simpati publik berupa dukungan rakyat. Dalam perkembangan dewasa ini, pendekatan politik yang banyak dilakukan adalah dengan metode marketing. Dalam banyak kesempatan di pemilihan umum, metode ini sangat sukses dalam mendapatkan suara baik individu sebagai kandidat maupun partai politik. Sehingga bisa terpilih dalam pemilihan umum. Dalam perkembangannya, metode pendekatan political marketing memiliki variasi yang cukup signifikan, salah satunya pendekatan political marketing maps yang dikemukakan oleh Bruce Newman. Pendekatan ini menghadirkan bentuk yang utuh mulai dari survei potensi, perencanaan strategi dan implementasi strategi. Model pendekatan ini juga dilakukan secara terstruktur oleh konsultan politik Lingkaran Survei Indonesia untuk menaikkan elektabilitas Jokowi-JK pada satu bulan terakhir sebelum pemilihan presiden 2014. Dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 di ikuti oleh dua kandidat yang bertarung secara head to head. Perencanaan serta implementasi yang tepat akan memberikan dampak pada elektabilitas kandidat. Penelitian ini mencoba untuk menguraikan relevansi konsep political marketing maps dalam konteks pemilihan presiden tahun 2014.

English Abstract

Political marketing is a marketing approach that is used in political activities in order to gain public sympathy in the form of citizen support. In todays development, the political approach is mostly done by the method of marketing. On many occasions in the general election, this method is very successful in getting a good sound individuals as candidates or political parties. So that could be elected in the general election. In its development, political marketing approach has significant variations, one of which political marketing approach maps proposed by Bruce Newman. This approach brings unified forms ranging from surveying potential, strategic planning and implementation strategies. This approach also conducted structured by political consultant named Lingkaran Survey Indonesia to raise the electability of Jokowi-JK in the last month before the presidential election of 2014. In the election of President and Vice President in 2014 followed by two candidates compete head to head. Planning and proper implementation will have an impact on candidate‟s electability. This study tries to decipher the relevance of political marketing concept maps in the context of the presidential election in 2014.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2015/690/ 051602116
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Mar 2016 10:21
Last Modified: 23 Mar 2016 10:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/121899
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item