Pengaruh Kinerja Pegawai Dinas Pegawai Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Madiun dalam Pelayanan E-KTP Pada Tahun 2015

Yovinanto, RidhoBayyin (2015) Pengaruh Kinerja Pegawai Dinas Pegawai Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Madiun dalam Pelayanan E-KTP Pada Tahun 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah Indonesia saat menetapkan kebijakan mengenai administrasi kependudukan dengan menggunakan program e-KTP. Dalam pelaksanaan program e-KTP masih terjadi permasalahan yaitu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat kurang optimal dikarenakan kinerja aparatur birokrat kurang profesional dan kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Madiun terhadap kualitas pelayanan e-KTP tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Menggunakan teori dari Keban untuk mengukur kinerja pegawai sedangkan teori dari Zeithaml untuk kualitas pelayanannya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kuesioner. Indikator kinerja pegawai dalam penelitian ini adalah tupoksi, inovasi, kecepatan kerja, keakuratan kerja, dan kerjasama. Indikator kualitas pelayanan adalah tangible, reliability, responsiveness, insurance, empathy. Pemberian skor dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Data di olah dan di analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji linier sederhana, uji r square, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi sebesar 0.752. Hal ini menjelaskan pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 75,2% dan 24,8% adalah variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Bahwa variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini adalah competence, acces, courtesy, comunication, credibility, security, dan understanding. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh kinerja pegawai terhadap kulitas pelayanan yang tidak diteliti sebesar 24,48% dari varibel competence, acces, courtesy, comunication, credibility, security, dan understanding. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai signifikan mempengaruhi kualitas pelayanan sebesar 75,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2015/654/051600522
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Mar 2016 14:31
Last Modified: 21 Oct 2021 09:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/121859
[thumbnail of cover_dan_abstrak.pdf]
Preview
Text
cover_dan_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Scan_lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
Scan_lembar_pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item